test

Kuliner

Kamis, 11 Maret 2021 14:04 WIB

Hari Kopi Nasional, Yuk Kenali 3 Jenis Kopi Asli Indonesia yang Mendunia

Editor: Fitriawan Ginting

Penulis: Yeni Lestari

Biji kopi pilihan terbaik. (Foto : PMJ/Pinterest.com).

PMJ NEWS -  Minum kopi, siapa yang tak suka? Ya, minuman berkafein tinggi ini nyatanya menjadi favorit banyak orang, karena dapat meningkatan energi dan menghilangkan kantuk selagi melakukan aktivitas yang padat. Selain itu, tahukah anda kalau hari ini, tepatnya pada tanggal 11 Maret merupakan hari kopi nasional?

Bagi para pecinta kopi yang belum tahu, tidak masalah kok. Asalkan, jangan lupa untuk merayakannya dengan agenda ngopi santai bersama keluarga tercinta.

Bicara mengenai kopi di hari kopi nasional ini, tentunya belum lengkap jika tidak diisi juga dengan wawasan baru terkait jenis-jenis kopi asal Indonesia. Faktanya, sudah banyak jenis kopi dari Tanah Air yang sudah mendunia lho. Kiranya, apa saja jenis kopi tersebut? Yuk simak ulasannya, berikut ini!

1. Kopi Arabika Toraja
Kopi Toraja ini jadi incaran utama untuk dikirim ke luar negeri khususnya negara Jepang dan Amerika. Karakteristik dari kopi asal Toraja ini adalah after taste nya yang terasa pahit. Rasa pahit dari biji kopi yang tumbuh di tanah Sulawesi ini akan dirasakan ketika awal dan akan hilang dalam satu kali teguk saja.

Sama dengan jenis kopi asal Sulawesi lainnya, kopi Toraja ini memiliki ciri khas rasa dan aroma yang earthy, seperti aroma tanah bercampur hutan.

2. Kopi Arabika Kintamani, Bali
Selanjutnya, ada kopi Kintamani yang memiliki rasa unik yang terdiri dari asam citrus dengan kombinasi aroma wangi bunga. Tingkat kekentalan dan keasaman dari kopi ini pun masih berada di tingkat sedang, jadi masih aman untuk dikonsumsi.

Kopi asal Bali ini sangat populer dan sering kali dikirim ke luar negeri khususnya negara Jepang, Eropa, dan beberapa negara Arab.

3. Kopi Arabika Gayo, Sumatera
Berbeda dengan kopi Kintamani, kopi Gayo asal Aceh ini memiliki tekstur kekentalan yang lebih cair dengan tingkat keasaman sedang. Jadi, bagi anda yang tidak bisa mengonsumsi kopi asam seperti Kintamani maka bisa beralih mencoba kopi Gayo ini.

Penyajian kopi ini di tengah masyarakat Aceh memiliki cara yang unik, yakni dengan direbus bersamaan antara air dan bubuk kopi. Kemudian setelah mendidih, dituang ke gelas berisi susu dan gula.

Penting untuk diketahui, kopi Gayo ini sudah sangat populer dan memiliki merk dagang di beberapa negara Eropa.

BERITA TERKAIT