test

News

Minggu, 28 Februari 2021 15:30 WIB

Kemenkes Luncurkan Program Vaksinasi Drive-Thru di Bali

Editor: Hadi Ismanto

Kemenkes meluncurkan program vaksinasi Covid-19 Drive-Thru di Bali. (Foto: PMJ News/Ilustrasi/Hadi).

PMJ NEWS - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) meluncurkan program vaksinasi drive-thru di Badung, Bali. Kegiatan ini menggandeng pihak swasta dalam hal ini Grab dan Good Doctor.

"Grab dan Good Doctor menjadi mitra pertama Kemenkes untuk melakukan (vaksinasi) drive thru. Saya berharap gerakan vaksinasi bisa terbangun dengan kemitraan-kemitraan," ujar Menteri Kesehatan (Menkes), Budi Gunadi Sadikin secara virtual, Minggu (28/2/2021).

"Makin banyak yang berpartisipasi, makin banyak komponen bangsa berpartisipasi, makin besar kemungkinannya bisa mencapai herd immunity untuk melindungi teman-teman kita dan seluruh bangsa Indonesia," sambungnya.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin. (Foto: PMJ News/Instagram @kemenkes_ri).
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin. (Foto: PMJ News/Instagram @kemenkes_ri).

Budi menjelaskan, vaksinasi tahap kedua di Bali akan menjangkau pelaku usaha yang bergerak di sektor pariwisata, penduduk lanjut usia (lansia) hingga sopir dan ojek online.

Sementara untuk nasional, lanjut dia, terdapat 38,5 juta orang yang harus divaksin pada tahap kedua. Vaksinasi tersebut ditargetkan selesai pada Juni. Ini akan mempercepat pemulihan menciptakan kekebalan kelompok (herd immunity).

"Nah, orang-orang ini, 38,5 juta ini kali dua mestinya ada 77 juta suntikan. Itu kita targetkan selesai di Juni. 77 juta suntik mulai minggu lalu harus selesai di Juni," tuturnya.

Menurut Budi Sadikin, penyuntikan sebanyak 77 juta tersebut tidak mungkin bisa diselesaikan sendiri oleh Kemenkes. Sehingga harus dilakukan bersama-sama dengan berbagai mitra.

"Itu tidak mungkin kementerian Kesehatan bisa lakukan secara eksklusif, tapi harus inklusif dengan teman-teman sekalian. Malahan pemerintah pusat juga tidak cukup hanya membangun suatu program, tapi harus mengajak semua komponen bangsa," tukasnya.

BERITA TERKAIT