test

Kesehatan

Rabu, 24 Februari 2021 08:08 WIB

Diimbangi Makanan Sehat, Ketahui Tiga Manfaat Rutin Bersepeda

Editor: Ferro Maulana

Penulis: Yeni Lestari

Manfaat olahraga bersepeda. (Foto: Dok Net)

PMJ NEWS -  Olahraga menjadi salah satu hal yang dinilai penting untuk dilakukan terutama di masa pandemi Covid-19 ini. Sebab, imunitas dan kekebalan tubuh lebih meningkat drastis ketika kita rutin mengonsumsi makanan sehat yang juga diimbangi dengan olahraga rutin.

Salah satu jenis olahraga yang bisa dipilih untuk dilakukan semasa pandemi Covid-19  adalah dengan bersepeda. Ya, olahraga satu ini belakangan menjadi tren di kalangan masyarakat. Sebab selain mudah dilakukan, juga ternyata memiliki dampak baik bagi kesehatan.

Kamu tidak percaya? Berikut merupakan penjelasan manfaat yang bisa didapatkan, bila kamu rutin bersepeda.

Manfaat olahraga bersepeda. (Foto: Dok Net)
Manfaat olahraga bersepeda. (Foto: Dok Net)

Minimalisir Resiko Diabetes

Salah satu penyebab orang terkena diabetes adalah karena kurangnya aktivitas fisik sehari-hari. Namun, jika ingin terhindar dari diabetes, kamu bisa memilih melakukan olahraga sepeda selama kurang lebih 30 menit.

Tentunya, jika itu rutin dilakukan, anda akan terhindari dari resiko diabetes hingga 40 persen.

Mengontrol Berat Badan

Bagi anda yang ingin menurunkan dan mengontrol berat badan, maka memilih olahraga bersepeda sangat dianjurkan.

Berdasarkan penelitian, bersepeda selama kurang lebih satu jam bisa membantu membakar 300 kalori. Sementara itu, jika rutin bersepeda selama 39 menit dapat membakar lemak sebanyak lima kilogram dalam satu tahun.

Menjaga Kesehatan Jantung

Berdasarkan penelitian, bersepeda ternyata mampu menurunkan denyut nadi istirahat, memperkuat otot jantung, hingga mengurangi kadar lemak darah.

Selain itu, orang-orang yang rutin bersepeda juga lebih sedikit terpapar polusi udara, sehingga fungsi paru-parunya meningkat.

BERITA TERKAIT