test

Kesehatan

Selasa, 23 Februari 2021 10:06 WIB

5 Kebiasaan Sepele yang Bisa Bikin Cepat Tua

Editor: Hadi Ismanto

Proses penuaan dini bisa dicegah dengan menggunakan bahan alami. (Foto: PMJ News/Ilustrasi/Hadi).

PMJ NEWS - Menjadi tua adalah kenyataan yang tidak dapat ditolak karena merupakan proses alami dari bertambahnya usia. Seiring pertambahan usia, jaringan kolagen dan elastin pada kulit manusia melemah.

Tanda yang paling tampak dari penuaan adalah perubahan tekstur kulit. Misalnya ditandai dengan munculnya garis-garis halus (keriput) di wajah atau kulit lainnya serta nyeri di bagian tubuh tertentu,

Meskipun penuaan akan terjadi pada setiap orang, namun sejumlah kebiasaan tertentu yang bisa membuat seseorang menua lebih cepat. Seperti dilansir dari laman ActiveBeat, Selasa (23/2/2021), berikut kebiasaan sepele yang mempercepat penuaan dini.

1. Merokok
Kebiasaan merokok berpotensi membuat seseorang terlihat bertahun-tahun lebih tua dari sebenarnya. Itu karena rokok mengandung bahan kimia yang setelah dikepulkan jadi asap bakal mendampak kulit, gigi, mata, dan rambut.

Belum lagi deretan masalah kesehatan akibat merokok berlebihan yang juga memicu penampilan seseorang jadi lebih tua dari usia aslinya. Beberapa di antaranya adalah kerusakan serius pada mulut, tenggorokan, dan paru-paru.

2. Kurang tidur
Tidak memiliki waktu tidur cukup bisa membuat orang dewasa terlihat jauh lebih tua dari umur aslinya. Pasalnya, kurang tidur merampas energi mental dan fisik yang dibutuhkan untuk menjalani kegiatan sehari-hari.

Jika frekuensi kurang tidur berlarut-larut, imbasnya seseorang berpotensi sukar menjalani kehidupan secara pribadi dan profesional. Kebiasaan buruk itu juga memberatkan tubuh, termasuk organ terpenting seperti otak dan jantung.

3. Sering makan Junk Food
Hal menyedihkan tentang makan junk food berlebihan adalah menempatkan seseorang ke dalam lingkaran setan. Makanan cepat saji mungkin terasa enak tetapi membuat perut kembung, merasa lelah, dan kondisi tubuh tidak enak.

Karena tubuh terasa tidak enak, seseorang relatif menghindari melakukan hal-hal yang dapat meningkatkan mood dan energi. Siklus tersebut kemudian berulang dan lama kelamaan berat badan bertambah.

4. Terlalu sibuk bekerja
Berfokus pada karier memang tidak ada salahnya, tetapi menjaga keseimbangan waktu untuk diri sendiri dan keluarga juga penting. Sebaiknya tidak menenggelamkan diri dalam kesibukan sampai-sampai lupa waktu bersantai.

Pasalnya, kecanduan kerja bisa membuat seseorang terlihat lebih tua. Ada baiknya menyisihkan waktu untuk berolahraga, pergi keluar dengan teman dan keluarga, melakukan hobi, dan cukup istirahat.

5. Jarang berolahraga
Beberapa orang berolahraga hanya ketika merasa bersalah tentang bobot tubuh atau guna menyiapkan penampilan di acara penting. Padahal, kunci dari mendapatkan manfaat baik olahraga adalah melakukannya secara teratur.

Berolahraga secara teratur membantu menjaga kebugaran, tingkat energi, dan bonusnya penampilan yang prima. Artinya, tidak perlu melakukan aktivitas fisik secara berlebihan untuk tampil terbaik di acara besar sewaktu-waktu.

BERITA TERKAIT