News

Rabu, 17 Februari 2021 10:30 WIB

Wapres Ma'ruf Amin Jalani Vaksinasi Covid-19 Hari Ini

Editor: Hadi Ismanto

Wapres Maruf Amin menjalani vaksinasi Covid-19 di kediamannya, Menteng, Jakpus (PMJ News/Dok Setwapres).

PMJ NEWS - Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin menerima vaksin Covid-19 buatan Sinovac. Rencananya, Ma'ruf akan disuntik vaksin di Pendopo Kediaman Wapres, Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta Pusat.

Seperti dikutip dari keterangan tertulis Sekretariat Wakil Presiden, Ma'ruf Amin akan divaksinasi pada Rabu (17/2/2021) sekitar pukul 08.30 WIB. Diketahui, Wapres Maruf saat ini berusia 77 tahun dan masuk dalam daftar penerima vaksin tahap dua.

"Keikutsertaan Wapres Ma'ruf Amin yang berusia 77 tahun dalam program vaksinasi ini diharapkan dapat memberikan contoh nyata uji klinis keamanan penggunaan vaksin kepada lansia bagi masyarakat luas," demikian bunyi siaran pers tersebut.

Sebelumnya, pada 5 Februari 2021 lalu BPOM mengeluarkan persetujuan penggunaan emergency use of authorization (EUA) vaksin Covid-19 untuk usia di atas 60 tahun.

Menurut Kepala BPOM Penny Lukito, kebijakan tersebut dilakukan berdasarkan pertimbangan banyaknya korban meninggal terinfeksi virus SARS-CoV2 penyebab Covid-19 pada kelompok usia tersebut.

Data statistik Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonoi Nasional (KPC-PEN) menunjukkan, angka kematian akibat Covid-19 pada kelompok usia lanjut atau lansia menduduki porsi cukup tinggi, yaitu sekitar 47,3 persen.

"Angka kematian akibat Covid-19 ini menunjukkan data statistik bahwa kelompok usia lanjut (lansia) menduduki porsi cukup tinggi sekitar 47,3%, berdasarkan data terakhir yang kami dapatkan dari KPC-PEN," ungkap Penny dalam keterangan yang sama.

BERITA TERKAIT