test

News

Kamis, 11 Februari 2021 12:15 WIB

Jokowi: Jangan Hanya Suruh Warga Pakai Masker, Bagikan Maskernya

Editor: Hadi Ismanto

Presiden Jokowi saat memberikan sambutan dalam Peresmian Pembukaan Musyawarah Nasional VI Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Foto: PMJ News/YouTube Setpres).

PMJ NEWS - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menginstruksikan kepada Wali Kota dan Wakil Wali Kota untuk tidak sekadar mengingatkan masyarakat memakai masker. Namun, Kepala Negara juga meminta pemerintah daerah membagikan masker secara gratis kepada warga.

Pernyataan ini disampaikan Jokowi saat memberikan sambutan dalam Peresmian Pembukaan Musyawarah Nasional VI Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) di Istana Negara Jakarta, Kamis (11/2/2021).

"Jangan hanya juga menyuruh pakai masker kepada masyarakat, pakai masker, pakai masker," ujar Jokowi dalam arahan seperti ditayangkan akun YouTube Sekretariat Presiden.

"Tetapi sekarang saya tambah perintahnya, juga harus bagi masker karena banyak rakyat kadang tidak mampu membeli masker. Selain menyuruh pakai masker, mengimbau pakai masker, tetapi juga bagi masker," sambungnya.

Jokowi mengingatkan pemerintah daerah untuk terus menggaungkan disiplin protokol kesehatan kepada masysrakat. Bahkan, dia telah memerintahkan Panglima TNI dan Kapolri menurunkan aparatnya untuk membantu pemerintah daerah.

"Pengendalian laju penyebaran virus harus menjadi di prioritas utama kita," ujarnya.

Selain itu, Jokowi meminta pemerintah daerah meningkatkan testing, tracing (pelacakan), dan treatment (perawatan) pasien Covid-19. Jokowi ingin masyarakat yang terinfeksi Covid-19 langsung diisolasi untuk mencegah penyebaran virus secara meluas.

"Siapkan isolasi terpusat bekerja sama sekali lagi dengan Kementerian Kesehatan, BNPB, TNI dan Polri," tukasnya.

BERITA TERKAIT