test

Politik

Kamis, 17 Oktober 2019 08:47 WIB

Ekspor Indonesia Tetinggal, Enggar: Mereka Sudah Lebih Dulu Membuka Diri

Editor: Redaksi

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita. (foto: IG @enggartiastolukita)

PMJ – Indonesia masih tertinggal dalam hal ekpor ketimbang negara-negara tetangga di ASEAN. Menteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto Lukita mengungkap bahwa ketertinggalan Indonesia disebabkan keterlambatan melakukan perjanjian dagang dengan negara lain.

"Kenapa kita agak tertinggal dengan Malaysia, Vietnam, dan Thailand? Karena mereka sudah lebih dulu membuka diri dengan melakukan perjanjian sehingga ketika kita ekspor ke negara tertentu terkena tarif masuk lebih mahal dibanding negara-negara tadi yang sudah ada perjanjiannya," kata Enggar di sela-sela Trade Expo Indonesia (TEI) 2019, BSD City, Tangerang, Rabu (16/10/2019) kemarin.

Sebagai gambaran, total nilai ekspor Indonesia pada Agustus 2019 hanya mencapai US$ 14,2 miliar, sedangkan Vietnam mampu mencapai hampir dua kali lipat sebesar US$ 25,8 miliar. Vietnam fokus pada produk bernilai tambah tinggi seperti elektronika, sedangkan Indonesia masih menggantungkan ekspor pada produk komoditas atau barang mentah.

Vietnam juga banyak membuka perdagangan bebas dengan negara maju seperti AS hingga Uni Eropa. Enggar menjelaskan bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah memberikan perhatian terkait perdagangan bebas dengan mitra dagang potensial sejak 3 tahun terakhir.

"Itulah sebabnya Pak Presiden Jokowi sudah melihat 3 tahun lalu segera buka perjanjian itu," terang Enggar. (BHR)

BERITA TERKAIT