test

Kesehatan

Rabu, 20 Januari 2021 10:02 WIB

Kerap Terjadi Saat Bangun Tidur, Ini Cara Atasi Gejala Gerd

Editor: Hadi Ismanto

Terkadang seseorang mengalami mual dan rasa tidak nyaman ketika bangun tidur, kondisi tersebut bisa jadi itu gejala gerd. (Foto: PMJ News/Dok Net).

PMJ NEWS - Terkadang seseorang mengalami mual dan rasa tidak nyaman ketika bangun tidur, kondisi tersebut bisa jadi itu gejala gerd. Gerd terjadi karena asam lambung mengalir kembali (refluks) ke esofagus, saluran yang menghubungkan tenggorokan ke perut.

Gerd biasanya dialami sebagian besar orang pada malam hari, setelah makan malam. Namun, tak sedikit juga yang merasakan ketidaknyamanan ini saat pagi hari, terutama saat bangun tidur.

Di tahun 2009, sebuah penelitian dari Fakultas Kedokteran Universitas Arizona, Amerika Serikat mengemukakan 48,7 persen peserta mengalami refluks asam dalam 20 menit pertama setelah bangun di pagi hari. Responden penelitian disebutkan memiliki riwayat gerd.

Biasanya gejala asam lambung ini ditandai dengan rasa asam yang naik ke mulut atau tenggorokan, mual, nyeri dada, batuk kering, hingga makanan membutuhkan waktu lebih lama untuk ditelan.

Namun gejala gerd saat pagi hari sejatinya bisa dihindari dengan cara sederhana. Seperti dilansir laman Healthline, Rabu (20/1/2021), berikut tips untuk menghindari gerd saat bangun tidur.

Tidur dengan tubuh Anda terangkat dari pinggang ke atas dengan meninggikan ujung tempat tidur setinggi 15 hingga 23 sentimeter.
Berhenti makan 3 jam sebelum tidur. Jauhi makanan yang menyebabkan refluks asam seperti kopi, coklat dan mint.

Gerd pagi hari kemungkinan akan semakin berisiko terjadi jika mengalami obesitas, kebiasaan merokok, meminum alkohol, menderita hernia hiatus, juga sedang konsumsi obat yang melemahkan sfingter esofagus bagian bawah.

Cara mengatasi asam lambung lainnya adalah dengan memperhatikan porsi makan. Pasalnya makan dalam porsi besar dapat memicu refluks. Untuk menghindari kelaparan, sebaiknya Anda makan lebih sering namun dalam porsi yang lebih kecil.

BERITA TERKAIT