test

News

Senin, 18 Januari 2021 11:15 WIB

Hari Kesepuluh, Tim SAR Fokus Cari CVR dan Korban Sriwijaya Air SJ-182

Editor: Hadi Ismanto

Tim penyelam gabungan siap mencari korban pesawat Sriwijaya. (Foto ; PMJ/Fjr).

PMJ NEWS - Memasuki hari kesepuluh, Tim SAR gabungan masih terus berusaha mencari korban serta serpihan pesawat Sriwijaya Air SJ-182 yang jatuh di perairan Kepulauan Seribu, Jakarta.

Direktur Operasi Basarnas, Brigjen Rasman menyebut kondisi cuaca hari ini kurang bersahabat. Pasalnya, hujan turun sejak Minggu (17/1/2021) malam di sekitar area pencarian pesawat tersebut.

"Walaupun dari prakiraan cuaca dari BMKG hari ini cerah berawan, tapi kelihatannya awannya agak gelap. Mudah-mudahan tidak mengganggu rekan-rekan kita yang akan melaksanakan penyelaman hari ini," jelas Rasman di Posko Terpadu JICT 2, Jakarta Utara, Senin (18/1/2021).

Tim SAR gabungan akan memperluas area pemantauan udara terkait jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ-182. (Foto: PMJ News/Instagram @sar_nasional).
Tim SAR gabungan akan memperluas area pemantauan udara terkait jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ-182. (Foto: PMJ News/Instagram @sar_nasional).

Rasman mengatakan, operasi pencarian hari ini akan dibagi ke dalam empat sektor. Hal tersebut tentuanya akan berfokus pada tim penyelam yang masih mengutamakan pencarian potongan tubuh para korban dan cockpit voice recorder (CVR).

"Pertama, kami tetap mengutamakan untuk mencari bagian tubuh korban, serpihan kemudian yang tidak kalah penting adalah CVR ya," ujarnya.

Selanjutnya, Rasman juga menyampaikan perkembangan terakhir hasil pencarian Sriwijaya Air SJ182. Menurut dia, Tim SAR gabungan telah mengumpulkan 308 kantong jenazah, 54 kantong serpihan kecil, dan 51 potongan besar pesawat.

"Sehingga total seluruhnya, body part-nya adalah 308. Kemudian serpihan kecil 58 dan potongan besar 54. FDR (flight data recorder) 1 unit, kemudian kemarin diserahkan casing-nya CVR (cockpit voice recorder)," tukasnya.

BERITA TERKAIT