test

Politik

Kamis, 24 Oktober 2019 16:35 WIB

Jokowi Minta Mendag Kurangi Impor dan Menggenjot Ekspor

Editor: Redaksi

Presiden Jokowi. (Foto: Dok Net).

PMJ – Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan tugas prioritas kepada Menteri Perdagangan (Mendag) Agus Suparmanto untuk menekan defisit neraca perdagangan dengan menekan impor dan menggenjot ekspor.

"Kita memang dapat pengarahan dari bapak presiden, kita harus meningkatkan ekspor dan juga meningkatkan perjanjian dengan negara-negara luar negeri yang bisa mendongkrak ekspor," kata Agus di Istana, Jakarta, Kamis (24/10/2019).

Agus diminta Jokowi untuk menyelesaikan beberapa perjanjian perdagangan luar negeri terutama yang berkaitan dengan meningkatkan ekspor dari produksi dalam negeri. "Perjanjian itu kan kadang-kadang negara lain dengan komoditas yang sama mereka diuntungkan dengan perjanjian tersebut," ujarnya.

Jokowi juga meminta untuk mengurangi barang impor yang bisa digantikan oleh produk dalam negeri. "Jadi tujuan impor ini kan mengisi kekosongan produksi dalam negeri. Jadi kita harus substitusi barang-barang tersebut sehingga ada peningkatan neraca ekspor," ungkap Agus.

Agus diminta melakukan roadshow ke negara-negara potensial untuk mempercepat penyelesaian perjanjian perdagangan dengan negara-negara mitra dagang. "Ke depannya fokusnya adalah yang bisa meningkatkan nilai ekspor terutama produksi komoditas di Indonesia yang ekspornya baik tapi tidak punya peluang," pungkasnya. (BHR)

BERITA TERKAIT