test

Kesehatan

Rabu, 30 Desember 2020 10:02 WIB

5 Kebiasaan Buruk yang Bisa Pengaruhi Kualitas Tidur

Editor: Hadi Ismanto

Beberapa kebiasaan buruk dapat mempengaruhi kualitas tidur. (Foto: PMJ News/Dok Net).

PMJ NEWS - Tidur mempunyai peranan sangat penting untuk menunjang kesehatan fisik dan mental seseorang. Apabila kita tidak cukup tidur atau kualitas tidur buruk tentunya akan memicu kelelahan, tidak berenergi dan perasaan kesal.

Seperti dirangkum dari berbagai sumber, Rabu (30/12/2020), berikut beberapa kebiasaan buruk yang perlu kamu hindari untuk memperbaiki pola tidurmu.

1. Tidur di samping ponsel
Radiasi dari ponsel dapat memperlambat dan mengurangi kualitas tidur, sehingga membuat kita merasa lelah dan lesu keesokan harinya. Jika kamu menggunakan ponsel sebagai alarm, mungkin sekarang saatnya untuk beralih ke alarm digital.

“Ponsel memancarkan cahaya biru yang tidak hanya buruk untuk penglihatan tetapi juga otak. Cahaya biru menekan tingkat melatonin dalam tubuh, hormon alami yang bertanggung jawab untuk mengontrol siklus bangun tidur kita,” uangkap Tim spesialis interior rumah, Hillarys seperti dilansir dari House Beautiful.

2. Tidur dengan lampu menyala
Paparan cahaya sebelum atau selama waktu tidur dapat membuat kamu sulit tidur. Karenanya, pastikan kamar gelap dan tenang.

“Seperti yang kita ketahui, tidur di ruangan terang akan selalu membuat seseorang lebih sering terjaga. Menariknya, orang yang tidur kurang dari enam jam per hari ditemukan lebih gendut daripada orang yang tidur sekitar delapan sampai 10 jam,” jelas tim di Hillarys.

3. Makan banyak sebelum tidur
Konsumsi makanan berlemak sebelum tidur dapat menyebabkan refluks asam, gangguan pencernaan, penambahan berat badan dan gangguan tidur. Jika kamu lapar di malam hari, cobalah ambil sesuatu yang sehat untuk memastikan perut keroncongan tidak mengganggu waktu tidurmu.

4. Olahraga hingga larut
Olahraga sampai larut malam dapat berdampak buruk pada kesehatan dan mengganggu siklus tidur kamu. Berolahraga sebelum tidur meningkatkan suhu tubuh dan menstimulasi sistem saraf yang dapat menyebabkan gangguan tidur.

5. Minum kopi sebelum tidur
Hindari minum kopi sebelum kamu tidur, karena kafein akan membuat tubuh terjaga. Jika kamu akan minum kopi berkafein, sebaiknya konsumsi di pagi hari, sehingga tubuh memiliki cukup waktu untuk pulih dan kembali ke tingkat fungsi normalnya.

BERITA TERKAIT