test

News

Selasa, 22 Desember 2020 11:15 WIB

Libur Nataru, Polda Metro Lakukan Rekayasa Lalu Lintas dan Cek Rest Area

Editor: Fitriawan Ginting

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo. Foto : PMJ/Fjr).

PMJ NEWS - Operasi Lilin menjelang Hari Natal dan Thaun Baru (Nataru) digelar Polda Metro Jata selama 15 hari ke depan, mulai 21 Desember 2020 sampai dengan 4 Januari 2021. Ini dilakukan untuk mengantisipasi arus mudik dan balik pada libur Natal dan perayaan Tahun Baru 2021.

Tidak hanya mengatur lalu lintas saja, Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya juga akan mengantisipasi kerumunan demi menekan penyebaran Covid-19. Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo dan jajarannya menyiapkan rekayasa lalu lintas bagi masyarakat yang ingin keluar dan masuk Jakarta saat libur nanti.

"Ya tentu kami siapkan rekayasa lalin kalau memang terjadi kepadatan, khususnya di hari libur Natal dan Tahun Baru," kata Sambodo, Senin (21/12/2020).

"Skenario one way, skenario contraflow sudah kami siapkan baik pada saat arus mudik pada saat arus balik. Tapi konsen kami akan lebih kepada di tengah kota Jakarta," sambungnya.

Salah satu yang menjadi fokus pengamanan lalin adalah daerah perbatasan Jakarta pada saat Tahun Baru 2021.

"Pertama, khusus malam Tahun Baru kami harapkan masyarakat di seputar Jakarta untuk tidak masuk Jakarta. Kedua, tidak merayakan Tahun Baru di jalan. Kami imbau juga agar mereka untuk melaksanakan perayaan Tahun Baru di rumah saja. Selain itu juga tempat-tempat wisata itu tutup jam lima sore," kata Sambodo.

Polisi juga akan menggelar razia secara acak guna mencegah kerumunan massa pada malam tahun baru 2021. Salah satu yang menjadi lokasi, yakni rest area yang masuk dalam wilayah hukum Polda Metro Jaya.

"Kendaraan akan kita cek secara random, sesuai arahan dengan Bapak Korlantas. Di rest area dan titik tertentu," ujar Sambodo.

"Kita jaga semua titik protokol yang selama ini (menjadi) pusat-pusat kerumunan massa. Ancol, Taman Mini, Kota Tua itu tutup pukul 17.00 WIB. Jadi memang sudah tidak ada apa apa di malam tahun baru, (masyarakat) sebaiknya merayakan di rumah masing-masing," jelasnya.

Diprediksi arus balik akan terjadi dua kali mengingat libur panjang dibagi dua pekan, yakni natal dan tahun baru. Untuk periode Natal arus mudik diperkirakan terjadi pada 23-24 Desember 2020. Sedangkan arus baliknya sekitar 26 Desember 2020. Sementara arus mudik periode tahun baru diprediksi terjadi pada 30-31 Desember 2020. Kemudian arus baliknya sekitar 3-4 Januari 2021.

BERITA TERKAIT