test

Kesehatan

Minggu, 20 Desember 2020 11:04 WIB

5 Makanan Sehat yang Wajib Ada di Kulkas

Editor: Hadi Ismanto

Lemari es atau kulkas bisa dijadikan tempat penyimpanan makanan sehat agar terjaga kualitasnya. (Foto: PMJ News/Dok Net).

PMJ NEWS - Lemari es atau kulkas dipercaya menjadi tempat yang baik untuk menyimpan makanan agar tetap terjaga kualitasnya. Ini juga memungkinkan Anda dengan mudah menyiapkan makanan sehat.

Seperti dilansir laman Well and Good, Minggu (19/12/2020), seorang pakar kesehatan dan penulis The Blue Zones Kitchen, Dan Buettner menyarankan beberapa jenis makanan sehat yang harus selalu Anda miliki di kulkas.

1. Sayuran
Buettner menyebut makanan terbaik untuk mendapatkan manfaat jangka panjang bagi tubuh, seperti dalam diet Blue Zones adalah sayuran hijau seperti bayam, kangkung, bit, lobak, dan sawi.

“Brokoli, kubis, kembang kol, dan paprika juga menjadi bagian dari diet Blue Zones yang sebaiknya tersedia di koulaks," jelas Buettner.

2. Buah
Buah segar adalah bahan pokok yang sebaiknya tersedia dalam lemari es Anda. Mulai dari apel, melon dan jeruk bisa menjadi jenis buah ini dapat bertahan lebih lama di pendingin.

Selain mengisi lemari es Anda dengan buah, penempatan juga merupakan kuncinya. Buettner merekomendasikan untuk menyimpan buah di rak paling atas lemari es, hal itu akan membuat mereka sejajar dengan mata dan mendorong Anda memakannya.

3. Ikan
Meski konsumsi daging terbatas, Buettner mengatakan Anda bisa makan hingga tiga ons ikan setiap hari. Pilih ikan seperti trout, kakap, kerapu, sarden, dan teri.

Sebaiknya, hindari konsumsi ikan yang dibudidayakan karena biasanya hewan air ini dibesarkan di kandang yang penuh sesak, sehingga antibiotik, pestisida, dan pewarna bisa digunakan.

4. Tahu
Dalam diet Blue Zones, konsumsi protein hewani terbatas. Sebaliknya, pilih protein nabati, seperti kacang-kacangan di dapur dan tahu untuk selalu tersedia di lemari es.

“Cobalah tahu yang ditumis ringan, ditaburi minyak zaitun, atau tempe. Begitu banyak cara untuk mengolahnya, semuanya sama sekali tidak membosankan,” kata Buettner.

5. Susu tanpa pemanis
Simpan susu yang bersifat alternatif seperti susu kedelai, almond, dan kelapa. Pastikan seluruhnya bebas pemanis dan gula yang akan memberi manfaat memberi banyak protein seperti susu biasa.

BERITA TERKAIT