test

News

Kamis, 17 Desember 2020 12:40 WIB

Jokowi Sebut Pandemi Covid-19 Pengaruhi Capaian SDGs

Editor: Hadi Ismanto

Presiden Joko Widodo dalam konferensi tahunan SDGs. (Foto: PMJ News/YouTube Sekretaris Presiden)

PMJ NEWS - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut pandemi Covid-19 mempengaruhi capaian target pembangunan berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs) semakin sulit tercapai.

Menurut Jokowi, pandemi telah memberikan dampak negatif untuk seluruh sektor, terutama kesehatan hingga ekonomi. Ia bahkan menilai bukan hanya target SDGs Indonesia yang sulit dicapai, tapi target SDGs di dunia.

"Saat ini, tantangan mencapai target SDGs semakin berat, pandemi mengakibatkan krisis kesehatan dan perekonomian yang memperkeruh capaian SDGs, bahkan SDGs dunia," ungkap Jokowi dalam Konferensi Tahunan SDGs 2020 seperti disiarkan kanal YouTube Sekretaris Presiden, Kamis (17/12/200).

Kendati terdampak pandemi, Jokowi memastikan pemerintah tak menurunkan target SDG's Indonesia. Ia mengatakan, pemerintah justru harus mencari terobosan baru agar bisa mencapai target tersebut.

"Tidak ada cara lain bahwa inovasi harus dilakukan secara efektif dan efisien, ini harus dikembangkan dan hasilnya harus maksimal. Harus diperjuangkan," tuturnya.

Di sini, pemerintah bisa bekerja sama dengan peneliti, akademisi, dan institusi untuk mencapai target SDGs. Jokowi berpendapat mereka memiliki keunggulan masing-masing untuk membantu pemerintah mencapai target yang ditetapkan.

"Kekayaan pengetahuan (peneliti, akademisi, dan institusi) yang harus disinergikan. Butuh keseriusan untuk saling berbagi. Butuh agenda yang jelas di setiap forum dengan target yang jelas," tukasnya.

Jokowi memerintahkan Kepala Bappenas Suharso Monoarfa untuk menyiapkan strategi nasional untuk mempercepat pencapaian SDGs. Ia juga mengingatkan seluruh kementerian/lembaga untuk selalu minta masukan dari ahli dalam membuat kebijakan agar lebih terstruktur.

"Saya menunggu rekomendasi konkrit yang bisa kami gunakan untuk mempercepat target pencapaian SDGs," tukasnya.

BERITA TERKAIT