Kesehatan

Jumat, 11 Desember 2020 10:02 WIB

7 Jenis Makanan Ini Bisa Cegah Batuk dan Pilek Saat Musim Hujan

Editor: Hadi Ismanto

Sejumlah makanan yang baik dikonsumsi untuk mencegah batuk dan pilek saat musim hujan. (Foto: PMJ News/Ilustrasi/Hdi).

PMJ NEWS - Musim penghujan mulai melanda sejumlah wilayah di Indonesia, sehingga berpotensi mendatangkan penyakit seperti batuk dan pilek. Dengan kondisi cuaca seperti ini, ada baiknya mengonsumsi makanan sehat agar kesehatan tetap terjaga.

Ada banyak makanan yang punya manfaat lebih dari sekadar menyediakan energi. Makanan memiliki khasiat yang kuat untuk melindungi tubuh dari ancaman penyakit.

Selain itu, beberapa makanan juga diketahui mampu meredakan gejala-gejala tertentu saat tubuh terserang penyakit. Seperti dirangkum dari berbagai sumber, Jumat (11/12/2020), berikut beberapa makanan yang dapat mencegah batuk dan pilek.

1. Yogurt
Sejumlah yogurt mengandung probiotik yang bermanfaat. Bukti menunjukkan, probiotik dapat membantu anak dan orang dewasa lebih jarang terkena pilek, sembuh lebih cepat saat terserang penyakit, dan mengonsumsi lebih sedikit antibiotik.

Selain itu, yogurt juga kaya akan kalsium, vitamin, dan mineral lainnya yang dibutuhkan tubuh.

2. Madu
Madu memiliki efek antibakteri yang kuat. Beberapa bukti juga menunjukkan bahwa madu dapat merangsang sistem kekebalan tubuh.

Sejumlah penelitian telah menunjukkan, madu dapat menekan gejala batuk pada anak. Namun, madu tak boleh diberikan pada anak di bawah usia 12 bulan.

3. Bawang putih
Bawang putih dikenal dengan efek antibakteri, antivirus, dan antijamur yang dimilikinya. Melansir dari laman Healthline, sejumlah studi menemukan efek positif bawang putih terhadap pilek.

Studi tersebut mengemukakan orang yang mengonsumsi bawang putih akan lebih jarang sakit dan umumnya sembuh lebih cepat saat terserang penyakit.

Selain itu, beberapa penelitian menemukan, suplemen ekstrak bawang putih dapat meningkatkan fungsi kekebalan tubuh dan menurunkan tingkat keparahan batuk dan pilek.

4. Jeruk dan lemon
Sudah bukan rahasia lagi, konsumsi vitamin C dapat membantu Anda mencegah pilek. Mengutip WebMD, buah-buahan jenis sitrus seperti jeruk dan lemon menjadi sumber terbaik vitamin C.

Konsumsi jeruk dan lemon akan membuat Anda terhindar dari penyakit seperti batuk dan pilek.

5. Teh
Teh kaya akan kandungan polifenol, antioksidan yang dikenal memiliki banyak manfaat kesehatan. Polifenol juga berperan dalam melawan peradangan.

Tanin merupakan salah satu jenis polifenol yang ditemukan dalam teh. Selain sebagai antioksidan, tanin juga memiliki sifat antivirus, antibakteri, dan antijamur.

Mengutip Health, Anda disarankan untuk meminum teh chamomile. Selain bersifat antibakteri, chamomile dapat meningkatkan kualitas tidur yang dapat mendukung sistem kekebalan tubuh.

6. Kunyit
Curcumin, senyawa alami dalam kunyit, merupakan senyawa anti-inflamasi yang manjur. Curcumin telah terbukti meningkatkan aktivitas sel kekebalan tubuh dan meningkatkan respons antibodi.

7. Jahe
Sama seperti kunyit, jahe juga merupakan rempah-rempah dengan sifat anti-inflamasi. Konsumsi jahe dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang membantu Anda terhindar dari penyakit.

BERITA TERKAIT