test

Kesehatan

Jumat, 8 Mei 2020 10:02 WIB

Kandungan Gizi Ikan Kembung Sama Baiknya dengan Salmon

Editor: Hadi Ismanto

Ikan Kembung (Foto: Dok Net)

PMJ - Ikan salmon memiliki kandungan gizi sangat tinggi bagi kesehatan ternyata bisa menjaga otak. Pasalnya, daging ikan salmon kaya omega-3 yang bermanfaat mengurangi risiko beberapa penyakit lainnya.

Seorang ahli gizi, Triyani Kresnawan menyebut masyarakat bisa mengonsumsi ikan kembung sebagai pengganti ikan salmon karena juga memiliki omega-3. Jadi tidak harus berorientasi pada ikan salmon.

"Ternyata omega 3 bukan hanya ada di ikan salmon ya, di ikan kembung pun itu tinggi Omega 3-nya," ujar Triyani dalam konferensi video di Kantor BNPB, Jakarta, Kamis (7/8/2020).

"Sehingga tidak usah mahal-mahal, kita buru ikan yang mahal, tapi bisa ikan lainnya seperti ikan kembung yang harganya murah dan terjangkau dengan kualitas proteinnya sama dengan protein hewani yang lain," sambungnya.

Selain itu, Triyani menambahkan bahwa asam lemak omega-3 memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Termasuk membantu relaksasi otot, pencernaan dan pembekuan darah.

Masyarakat di rumah juga bisa mencukupi kebutuhan protein dengan bahan pangan yang mudah dijangkau dan bervariasi. Tahu, tempe dan telur bisa memenuhi gizi sehingga tidak selalu harus makan daging dan ikan.

Ia mengemukakan harus memperhatikan gizi seimbang, seperti asupan protein, karbohidrat, sayur dan buah.

Memang pada daging, terdapat kandungan asam amino yang lebih banyak dibandingkan tahu dan tempe. Kacang hijau juga merupakan sumber protein yang tinggi dan bisa dijadikan sebagai camilan di rumah.

"Masyarakat di rumah juga dapat berkreasi dengan masakan, meski dengan bahan yang sama, tapi menu makanan tetap menarik dan nikmat untuk dilahap," tukasnya.(Hdi)

BERITA TERKAIT