test

News

Selasa, 8 Desember 2020 15:24 WIB

Pemprov DKI, Pangdam Jaya dan Polda Metro Luncurkan Kampung Tangguh Jaya

Editor: Etty Kadriwaty

Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran saat resmikan Kampung Tangguh Jaya. (Foto : PMJ News)

PMJ NEWS - Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran bersama Pemerintah Daerah DKI Jakarta dan Pangdam Jaya menggagas berdirinya Kampung Tangguh Jaya. Project kolaborasi tiga pilar ini sebagai upaya dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Jakarta. Kampung Tangguh Jaya ini akan diterapkan di seluruh wilayah hukum Polda Metro Jaya.

Sebagai terobosan sekaligus percontohan untuk menekan penyebaran Covid-19 di wilayah Ibu Kota, Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran bersama Pemerintah DKI Jakarta dan Pangdam Jaya meresmikan Kampung Tangguh Jaya di Kelurahan RW 16 Kelurahan Kapuk, Cengkareng, Jakarta Barat.

Kampung Tangguh Jaya merupakan kolaboratif tiga pilar yaitu Pemerintah DKI Jakarta, Pangdam Jaya dan Polda Metro Jaya yang melibatkan semua unsur elemen masyarakat.

Kapolda Metro Irjen Pol Fadil Imran di acara peresmian Kampung Tanggu Jaya di Cengkareng, Jakarta Barat.(Foto:PMJ News)
Kapolda Metro Irjen Pol Fadil Imran di acara peresmian Kampung Tanggu Jaya di Cengkareng, Jakarta Barat.(Foto:PMJ News)

“Kampung tangguh ini pondasinya kegotongroyongan, tiangnya adalah kebersamaan, atapnya adalah kerukunan. Bangsa ini sangat dikenal dengan sifat-sifat tersebut. Kampung tangguh ini diharapkan menghadirkan kembali sifat asli bangsa Indonesia yang gotong royong, guyub, rukun dan memiliki nilai kebersamaan. Sehingga ketika ada saudara yang terkonfirmasi positif, ketika ada warganya yang terdampak secara sosial ekonomi maka warga akan bersama-sama melakukan langkah-langkah di bawah dukungan pemerintah dan TNI-Polri,” jelas Kapolda Metro kepada wartawan saat meresmikan Kampung Tangguh Jaya di Cengkareng, Jakarta Barat, Selasa (8/12/2020).

Warga di Kelurahan Kapuk mulai secara gotong royong menerapkan protokol Kesehatan secara menyeluruh. Warga pun terus berupaya menerapkan dan menjaga pola hidup sehat seperti olahraga bersama. Masyarakatnya juga tetap produktif dengan menghasilkan produk UKM sebagai bentuk kemandirian dan ketahanan ekonomi.

Kampung Tangguh Jaya juga menjamin keamanan dengan sistem satu pintu melakukan pengecekan suhu tubuh, menyediakan sarana cuci tangan, melakukan penyemprotan disinfektan secara mandiri dan saling mengingatkan untuk tetap menggunakan masker.

Berdirinya Kampung Tangguh Jaya juga merupakan cerminan masyarakat Indonesia yang saling gotong royong sebagai wujud kebersamaan bersatu melawan Covid-19.

BERITA TERKAIT