test

Kesehatan

Rabu, 13 Mei 2020 15:36 WIB

KSAD Imbau Jajarannya Hati-hati Dalam Uji Penelitian Plasma Darah untuk Serum Covid-19

Editor: Ferro Maulana

Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Andika Perkasa. (Foto: Dok Net/ IST)

PMJ - Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD)  Jenderal TNI Andika Perkasa mengimbau anggotanya untuk berhati-hati saat menguji penelitian plasma darah pasien sembuh virus corona (Covid-19) sebagai serum perawatan pasien Covid-19.

“Protokol mesti diikuti ya. Kemudian eksperiman juga mesti ada persetujuan dari pasien yang akan menjadi bahan eksperiman. Jangan sampai ada yang dilanggar. Saya tidak ingin ada masalah kode etik,” tegas Andika saat memberi keterangan melalui Buletin Video TNI AD, Jakarta, Selasa (12/05/2020).

Andika memberikan peringatan agar tidak ada tekanan kepada pasien sebagai sukarelawan penerapan uji klinis eksperimen plasma darah itu. “Ingat saya tegas di situ. Saya tidak mau ada masalah, karena kita semua beroperasi berdasar kredibilitas dokter dan RSPAD bahkan Angkatan Darat yang harus kita pegang. Tidak boleh asal-asalan,” sambungnya.

Sementara itu, konsorsium Covid-19 tengah mempersiapkan uji klinis serum pasien positif Covid-19 yang sembuh untuk digunakan sebagai obat alternatif selain Avigan bagi perawatan pasien berkenaan dengan Covid-19. (TNI AD/ FER).

BERITA TERKAIT