test

Kesehatan

Kamis, 3 Desember 2020 10:02 WIB

3 Kebiasaan Ini Bikin Susah Turunkan Berat Badan

Editor: Hadi Ismanto

Memiliki berat badan ideal menjadi impian setiap orang. (Foto: PMJ News/Dok Net)

PMJ NEWS - Memiliki berat badan proporsional tentu menjadi dambaan setiap orang. Menyesuaikan asupan makanan dengan diet adalah solusi terbaik untuk segera melihat hasilnya.

Namun, usaha kamu untuk menurunkan berat badan bisa saja gagal dengan beberapa alasan lantaran berbagai alasan. Seperti dilansir laman Insider, Jumat (4/12/2020), berikut alasan Anda tidak berhasil menurunkan berat badan.

1. Terlalu banyak kalori
Untuk menurunkan berat badan, Anda perlu mengonsumsi lebih sedikit kalori dibandingkan yang Anda bakar. Ini disebut defisit kalori. Jika Anda mengalami kelebihan kalori, tubuh Anda menyimpan kalori ekstra tersebut sebagai lemak.

Sebuah studi besar pada 2006 menemukan bahwa mereka yang merencanakan makanan dan melacak kalori berhasil menurunkan berat badan dan mempertahankan penurunan berat badan lebih banyak dibandingkan mereka yang tidak.

2. Tidak minum cukup air putih
Minum air putih dapat membantu Anda menurunkan berat badan dengan meningkatkan metabolisme dan menekan nafsu makan, sehingga membuat Anda merasa lebih kenyang.

Sebuah studi pada 2007 menemukan bahwa minum 500 mililiter (dua cangkir) air putih meningkatkan pengeluaran energi sebesar 24 persen pada individu yang kelebihan berat badan atau obesitas.

Selain itu, penelitian kecil pada 2015 terhadap orang gemuk, membandingkan peserta yang minum dua cangkir air sebelum makan dengan mereka yang tidak. Mereka yang minum air kehilangan rata-rata hampir tiga pon lebih banyak.

Jika biasanya Anda mengonsumsi minuman manis, ganti dengan air. Ini tidak hanya akan membuat Anda lebih terhidrasi. "Tapi Anda juga tidak akan lagi mengonsumsi kalori dari gula," kata Chao.

3. Anda kurang tidur
Kurang tidur juga dapat mempersulit penurunan berat badan. Hal tersebut berdasarkan sebuah penelitian kecil pada 2010 tentang orang dewasa yang kelebihan berat badan.

Tinjauan pada 2008 menemukan bahwa kurang tidur dapat membahayakan metabolisme, proses penggunaan tubuh Anda untuk mengkonversi kalori menjadi energi. Ditemukan bahwa kurang tidur mengganggu hormon yang mengatur nafsu makan.

BERITA TERKAIT