test

News

Senin, 30 November 2020 16:30 WIB

Terakhir di Tahun Ini, Pantau Detik-detik Puncak Gerhana Bulan Penumbra

Editor: Ferro Maulana

Gerhana bulan penumbra. (Foto: Dok Net)

PMJ NEWS -  Gerhana bulan penumbra bakal terjadi di Indonesia, sebentar lagi. Hal ini disampaikan oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) di situs resminya. BMKG melaporkan, Gerhana Bulan Penumbra yang bakal datang bisa diamati dari seluruh wilayah Indonesia, Senin (30/11/2020) sore ini.

Untuk diketahui, tahun 2020 terdapat empat kali gerhana bulan dan salah satunya Gerhana Bulan Penumbra (GBP) pada 30 November 2020. GBP ini sekaligus menjadi gerhana bulan terakhir di tahun 2020.

GBP dapat dilihat di seluruh Tanah, hanya saja pengamat yang berada di sebelah Barat garis Puncak tidak akan mengamati puncak Gerhana Penumbra karena bulannya masih di bawah horison saat peristiwa itu terjadi.

Sehingga hanya dapat mengamati proses Gerhana Bulan dari sejak bulan terbit hingga Gerhana Berakhir (P4). Sedangkan pengamat yang berada di sebelah Timur garis Puncak akan dapat mengamati proses Gerhana Bulan dari sejak bulan terbit, puncak, hingga gerhana berakhir (P4).

Fase puncak gerhana (puncak) dapat diamati di wilayah zona WIB pada pukul 16.42.48 WIB; zona WITA pukul 17.42.48 WITA; dan zona WIT pukul 18.42.48 WIT. Fase Gerhana Berakhir (P4) dapat diamati di wilayah zona WIB pada pukul 18.53.20 WIB; zona WITA pukul 19.53.20 WITA; dan zona WIT pukul 20.53.20 WIT.

Perbedaan Bulan Penumbra dengan Gerhana Total

Sekadar informasi, gerhana Bulan penumbra berbeda dengan gerhana total atau parsial. Selama gerhana Bulan total, Bumi akan berada di antara Matahari dan Bulan, menghalangi cahaya Matahari mencapai Bulan. Sebaliknya, selama gerhana Bulan sebagian, Bulan melewati bagian dari bayangan gelap bagian dalam Bumi yang dikenal sebagai umbra.

Sementara dalam gerhana Bulan penumbra, Bulan melewati luar Bumi di mana bayangan penumbra yang lebih redup. Gerhana Bulan penumbra ini terjadi saat matahari, bumi, dan bulan berada pada garis lurus di bidang tata surya.

Selain Indonesia bagian timur, jalur gerhana Bulan penumbra itu pun termasuk dari Oseania, Amerika, Asia Timur dan Tenggara, serta Eropa Utara. Situs Science Alert melaporkan, bulan purnama yang terjadi pada November juga disebut sebagai “bulan berang-berang” yang datang pada akhir bulan.

BERITA TERKAIT