test

Kesehatan

Rabu, 10 Juni 2020 10:38 WIB

Penggunaan Masker yang Baik, Ini Saran Jubir COVID-19, Dokter Reisa

Editor: Fitriawan Ginting

Dokter reisa

PMJ- Usai ditunjuk sebagai Juru Bicara (Jubir) di Tim Komunikasi Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 (Gugus Tugas Nasional), Dokter Reisa Broto Asmoro langsung menyarankan masyarakat terkait penggunaan masker yang lebih baik, guna mencegah penyebaran virus tersebut.

Ia mengatakan, sebaiknya masker diganti setelah dikenakan selama 4 jam sekali. Bisa dengan menggunakan yang baru dan juga yang bersih. Terlebih lagi masker yang sudah terasa lembab saat digunakan lebih baik untuk segera diganti.

"Penggunaan masker disarankan maksimal hanya 4 jam, dan harus diganti dengan yang baru, atau yang bersih," kata Reisa di Media Center Gugus Tugas Nasional, Jakarta, Selasa, 9 Juni 2020, kemarin.

Dokter cantik ini menyarankan kepada masyarakat agar membawa persediaan masker apabila harus pergi keluar rumah. Ini sebagai pengganti dari masker yang digunakan sebelumnya.

"Masyarakat disarankan untuk membawa beberapa buah masker ketika harus pergi keluar rumah untuk beraktivitas,Penggunaan masker pun harus tepat, misalnya menutupi hidung sampai dengan dagu," terang Reisa.

Selain itu, ia mengingatkan untuk tidak menarik atau menurunkan masker dan tidak menyentuh bagian depan masker setelah digunakan beberapa saat. Untuk melepaskannya, cukup dengan memegang bagian tali atau pengait tanpa menyentuh bagian kain dan kemudian dibuang atau dicuci kembali untuk jenis masker kain.

Lalu, penggunaan masker ini hanya dapat efektif apabila seseorang yang memakainya juga menerapkan protokol kesehatan dengan baik.

"Cuci tangan sebelum menggunakan masker, hindari memegang area wajah, terutama mata, hidung, dan mulut. Jangan megang kain bagian depan masker, ketika digunakan," jelas Putri Indonesia Lingkungan 2010 ini. (Gtg-03).

.

BERITA TERKAIT