test

News

Selasa, 24 November 2020 19:01 WIB

Arab Saudi Gratiskan Vaksin Covid-19 Bagi yang Berlum Terinfeksi

Editor: Hadi Ismanto

Arab Saudi akan menggratiskan vaksin Covid-19. (Foto: PMJ News/Dok Net).

PMJ - Kementerian Kesehatan Arab Saudi berencana menggratiskan vaksin virus corona (Covid-19), bagi 70 persen penduduk dan warga asing di negara itu yang belum terinfeksi. Otoritas setempat berharap proses suntik vaksinasi akan mencapai target pada akhir 2021.

"Mereka yang belum dinyatakan positif Covid-19 akan diberi prioritas vaksinasi dalam beberapa bulan mendatang," ujar Direktur Jenderal Pencegahan Penyakit Kemenkes Saudi, dr. Abdullah Asiri seperti dilansir Arab News, Selasa (24/11/2020).

Namun, ada batas terendah usia yang boleh melakukan vaksinasi yakni 16 tahun. Untuk kalangan di bawah usia itu, harus menjalani pemeriksaan terlebih dulu untuk memastikan apakah mereka memerlukan vaksinasi.

Menurut Asiri, pemerintah Arab Saudi akan mengumumkan secara langsung jadwal kedatangan vaksin virus corona dalam beberapa pekan mendatang.

"Kerajaan akan berupaya menempuh dua jalur untuk mendapatkan vaksin, yaitu melalui COVAX, di mana G20 berperan dalam pembentukannya dan pendanaan," ujar Asiri.

"Arab Saudi akan mendapatkan vaksin dalam jumlah besar melalui fasilitas itu, dan kedua adalah mengontak langsung para perusahaan farmasi besar untuk menutupi jumlah yang tidak bisa diberikan oleh COVAX," lanjut Asiri.

COVAX adalah sebuah bentuk perkumpulan di tingkat dunia yang bertujuan untuk bekerja sama dengan para perusahaan pembuat vaksin untuk bisa menyediakan vaksin Covid-19 yang aman, efektif, serta mendapat lisensi dan persetujuan, bagi seluruh negara di dunia.(Hdi)

BERITA TERKAIT