News

Senin, 23 November 2020 21:01 WIB

Gelar Munas, MUI Bahas Soal Fatwa Kehalalan Vaksin Covid-19

Editor: Hadi Ismanto

Majelis Ulama Indonesia (Foto: PMJ News/Dok Net)

PMJ - Majelis Ulama Indonesia (MUI) akan menggelar Musyawarah Nasional pada 25-27 November mendatang. Salah satu agenda yang akan dibahas terkait fatwa kehalalan vaksin Covid-19.

Ketua Bidang Pendidikan dan Kaderisasi MUI, Abdullah Jaidi menyebut fatwa kehalalan vaksin Covid-19 akan turut dibahas sebagai topik utama dan agenda yang penting bagi MUI Pusat.

"Bagaimana kita menyikapi mengenai vaksin tersebut dan hal-hal lain yang menyangkut kepentingan dari arahan MUI pusat," ujar Abdullah kepada awak media, Senin (23/11/2020).

Berkaitan dengan fatwa, kata Abdullah, tak hanya soal vaksin corona yang memang akan dibahas. Dalam Munas itu juga akan dikeluarkan draf-draf fatwa yang berasal dari komisi fatwa MUI untuk kemudian dibahas selama Munas.

"Pembahasan fatwa-fatwa, baik fatwa yang berkenaan dengan kondisi fatwa kontemporer ataupun masalah fatwa yang sekarang ini diharapkan umat sebagai fatwa dan penyelesaiannya," kata dia.

Nantinya kata dia, hasil dari pembahasan fatwa dalam Munas itu akan langsung disampaikan kepada umat. "(Hasilnya) apa yang akan kita sampaikan ke umat, jadi untuk masa singkat ini permasalahan umat yang kita hadapi dapat kita sikapi dengan sebaik-baiknya," ucapnya.

Menurut Abdullah, dalam Munas nanti tak hanya membahas soal fatwa. MUI juga akan membahas beberapa persoalan lain yang berkaitan dengan program kerja untuk kepengurusan baru yang akan memimpin MUI selama lima tahun ke depan.

"Pembahasan program kerja dan garis besar haluan MUI mengenai program apa yang harus kita lakukan lima tahun kedepan," tukasnya.(Hdi)

BERITA TERKAIT