test

News

Senin, 23 November 2020 16:46 WIB

Uji Klinis Vaksin Covid-19 Selesai, BPOM Analisa Aspek Keamanan dan Efektivitas

Editor: Hadi Ismanto

Badan Pengawas Obat dan Makanan analisa aspek keamanan dan kefektivitas vaksin Covid-19. (Foto: PMJ News/Dok Net).

PMJ - Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), Penny Lukito menyebut uji klinis kandidat vaksin Covid-19 yang dikembangkan Sinovac bekerjasama dengan Bio Farma telah selesai dilakukan.

Menurut dia, saat ini pihaknya tengah menganalisa untuk memastikan aspek keamanan dan efektivitas vaksin sebelum mengeluarkan Emergency Use Authorization.

"Uji klinis sudah selesai, alhamdulillah aspek keamanan dalam uji klinis pantauannya baik, aspek mutu dari vaksin Sinovac juga baik," ujar Penny Lukito dalam keterangannya, Senin (23/11/2020).

"Sekarang kita sedang menunggu proses analisa sehingga nanti aspek keamanan dan efektivitasnya bisa kita dapatkan dan kita bisa berikan emergency use authorization sehingga vaksinasi bisa dilakukan," sambungnya.

Penny mengungkapkan sesuai arahan Presiden Joko Widodo, BPOM berkomitmen untuk memberikan vaksin yang memenuhi khasiat, keamanan dan efektivitas.

"Sekarang proses itu sedang berjalan. Badan POM nanti akan memberikan Emergency Use Authorization (EUA) pada waktunya nanti, sekarang data-data sedang dianalisa," jelasnya.

Sementara itu, Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto mengungkapkan pihaknya tengah melakukan berbagai persiapan terkait dengan pelaksanaan vaksinasi. Selain itu, Kemenkes juga melakukan simulasi pendistribusian vaksin

"Kemenkes melakukan berbagai upaya penyiapan mulai dari sumber daya manusianya, kemudian fasilitas sarana dan prasarana, dan melakukan simulasi-simulasi untuk melancarkan bila saatnya vaksinasi nanti dilaksanakan," tukasnya.(Hdi)

BERITA TERKAIT