test

Kuliner

Senin, 23 November 2020 14:31 WIB

Jaga Imunitas Tubuh, Berikut Dua Menu Kuliner yang Bagus untuk Dikonsumsi

Editor: Redaksi

Asinan Buah, Bagus Untuk Di Konsumsi

PMJ -  Tubuh yang selalu sehat sangat dibutuhkan di kondisi pandemi Covid-19 saat ini. Agar sehat, kamu butuh minum vitamin, istirahat yang cukup dan menjaga pola makan dengan mengonsumsi makanan sehat. Tahukah kamu, banyak kuliner sehat khas Indonesia yang bisa dikonsumsi untuk menjaga imunitas tubuh. 

Di bawah ini kita hadirkan dua menu rekomendasi kuliner Indonesia yang tentunya sehat dan bisa dinikmati kapan saja, karena cara membuatnya pun gampang di rumah.

Asinan Buah

Asinan merupakan makanan khas yang diolah dengan cara pengacaran (diasinkan dengan campuran garam ataupun cuka). Asinan sebenarnya terdapat dua jenis, yaitu Asinan Betawi (sayuran) dan Asinan Bogor (buah). 

Tetapi, yang masih banyak digemari saat ini yaitu asinan Bogor. Untuk asinan Bogor sendiri terdiri dari beberapa buah-buahan, antara lain mangga, jambu air, kedondong, bengkuang, nanas, dan lainnya. 

Cara penyajiannya potongan buah tersebuh disiram dengan kuah cuka dan kacang goreng. Pedas, manis, asam menjadi satu kesatuan ketika menyantapnya. Segar banget!

Sedangkan untuk asinan Betawi atau asinan sayur cara penyajiannya tetap sama dengan sebelumnya, namun yang membedakan adalah isiannya. Biasanya sayuran yang pakai adalah sawi, kubis, taoge, tahu, selada, dan lainnya. 

Kemudian, disiram dengan kuah bumbu kacang yang diracik dengan cuka dan tambahan cabai. Tak lupa kacang goreng, serta umumnya ada bahan pelengkap untuk menyantap asinan ini, yaitu kerupuk mi ataupun kerupuk merah.

Pecel Sayur 

Kuliner Jawa ini  tidak beda jauh dalam penyajiannya dengan gado-gado. Bahan utamanya tetap sama yaitu sayur-sayuran yang direbus. Sayurannya terdiri dari kacang panjang, taoge, daun singkong, dan berbagai macam lainnya. 

Bumbu yang digunakan sebagai siramannya yakni bumbu kacang yang terbuat dari campuran gula merah, kacang tanah yang disangrai, garam, kencur, kecombrang, dan daun jeruk. Lalu semua bahan tersebut ditumbuk atau dihaluskan.

Banyak macam cara penyajian bumbu kacang atau sambal kacang pecel. Salah satunya dengan menambahkan campuran air dengan asam jawa guna mencairkan sambal pecel tersebut. Dalam menyantap pecel sayur, biasanya akan dijajakan gorengan sebagai bahan pelengkap, seperti bakwan atau bala-bala.(Fer)

BERITA TERKAIT