Politik

Senin, 23 November 2020 14:10 WIB

Menko PMK: Presiden Jokowi Minta Agar Ada Pengurangan Libur Panjang Akhir Tahun

Editor: Ferro Maulana

Pernyataan Menko PMK Muhadjir Effendy usai ratas dengan Presiden Jokowi. (Foto: PMJ News/ Instagram).

PMJ – Menurut kalender pada akhir Desember 2020 mendatang akan ada libur panjang. Libur panjang itu antara lain, libur Natal dan Tahun Baru serta libur pengganti cuti bersama Idul Fitri.

Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy menjelaskan Presiden Joko Widodo telah memberikan arahan terkait libur panjang akhir tahun. Menurut ia, presiden meminta agar ada pengurangan libur panjang.

"Terkait masalah libur cuti bersama akhir tahun, termasuk libur pengganti cuti bersama Hari Raya Idul Fitri, Bapak Presiden berikan arahan supaya ada pengurangan," ujar Muhadjir dalam rapat terbatas (ratas) yang disiarkan secara virtual di Channel YouTube Sekretariat Presiden, Senin (23/11/2020).

Muhadjir melanjutkan, kepala negara juga meminta pihaknya segera melakukan rapat koordinasi dengan kementerian dan lembaga terkait berkenaan libur panjang tersebut.

"Beliau (Presiden Jokowi) memerintahkan supaya segera ada rapat koordinasi yang dilakukan Kemenko PMK dengan kementerian dan lembaga terkait. Terutama yang berkaitan dengan masalah libur akhir tahun dan pengganti libur cuti bersama Idul Fitri," sambungnya.

Diberitakan sebelumnya, Ketua Satgas Penanganan Covid-19, Doni Monardo mengatakan libur akhir tahun ini berpotensi ditiadakan jika kasus Covid-19 di Indonesia terus mengalami peningkatan yang signifikan.

Alasannya, pasca libur panjang akhir Agustus lalu, kasus positif Covid-19 di Tanah Air mengalami lonjakan.(Fer)

BERITA TERKAIT