test

Kesehatan

Minggu, 22 November 2020 11:04 WIB

Amankah Mandi Saat Masih Berkeringat Usai Berolahraga? Ini Faktanya

Editor: Hadi Ismanto

Amankah mandi seseaatsetelah berolahraga. (Foto: Ilustrasi/ Dok Net)

PMJ - Sebagian orang terkadang ingin langsung membersihkan diri dengan mandi seusai berolahraga. Namun, ada sebuah anggapan mandi setelah berolahraga dapat berdampak bagi kesehatan.

Mandi setelah berolahraga tidak hanya membuat rileks tetapi juga mengurangi risiko ruam dan jerawat yang disebabkan oleh bakteri yang berkembang biak dengan cepat di kulit karena tubuh yang berkeringat.

Mandi air dingin setelah olahraga memang terdengar menggoda, tetapi Anda harus menahan. Dilansir dari Times of India, Sabtu (21/11) sangat penting untuk menunggu setidaknya 20 menit setelah olahraga sebelum mandi.

Setelah berolahraga, penting untuk melakukan pendinginan sebelum meninggalkan tempat. Pendinginan adalah kebalikan dari pemanasan. Peregangan intensitas rendah dan pendinginan sangat penting karena tubuh perlu kembali ke keadaan istirahat.

Lebih penting lagi, ini membantu menormalkan detak jantung dan suhu tubuh. Idealnya, setelah berhenti mengeluarkan banyak keringat dalam waktu sekitar 20-30 menit, Anda dapat langsung mandi.

Walaupun menunggu terasa sangat membosankan, Anda bisa memanfaatkan waktu untuk mengembalikan cairan tubuh, dengan minum banyak air atau jus.

Jadi, sebelum mandi sangat penting untuk memberi waktu pada tubuh untuk mengeringkan keringat serta menenangkan diri.(Hdi)

BERITA TERKAIT