test

Kesehatan

Kamis, 18 Juni 2020 11:34 WIB

Waspada! Dokter Spesialis Ini Imbau Pengguna KRL Agar Tidak Gunakan Smartphone

Editor: Ferro Maulana

Pengguna kereta tengah operrasikan smartphone. (Foto: PMJ/ Dok Net)

PMJ - Dokter Spesialis Penyakit Dalam dari Junior Doctor Network, Dr Edward Faisal mengimbau kepada pengguna kereta khususnya KRL agar tidak mengoperasikan smartphone dan tablet. Alasannya, perangkat itu berpotensi tercemar oleh virus corona (Covid-19).

"Saat covid-19 nempel di gawai kita bisa bertahan sampai lima hari," ujarnya, di Graha Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Jakarta, Rabu (17/06/2020).

Lanjut Dr Edward, virus yang dapat menempel di ponsel itu berasal dari bermacam-macam faktor. Tentunya hal tersebut berpotensi penularan atau pencemarannya lebih banyak berasal dari tangan pengguna yang sebelumnya tercemar.

"Pencemaran virus ke gawai juga dapat berasal dari percikan droplet dari para pengguna KRL. Sebab, droplet ini dapat keluar ketika manusia berbicara apabila tidak memakai masker dan tidak menjaga jarak," katanya lagi.

Karena itu, Edward menyarankan agar para pengguna tidak menggunakan handphone selama di dalam perjalanan menggunakan KRL.

Sekedar informasi, pengguna KRL juga disarankan untuk tetap mengikuti aturan dari PT KAI Commuterline Indonesia, dan memperbarui informasi resmi dari pemerintah sebagai langkah memutus mata rantai penyebaran Covid-19 agar dapat tetap melanjutkan aktivitas yang aman dan produktif di tengah pandemi. (FER).

BERITA TERKAIT