Kesehatan

Kamis, 25 Juni 2020 10:12 WIB

5 Asupan Makanan Ini Bisa Kurangi Risiko Penularan Covid-19

Editor: Hadi Ismanto

Sayuran dan buah dipercaya bisa meningkatkan sistem imun tubuh (Foto: PMJ News/Ilustrasi/Hdi)

PMJ - Hingga saat ini belum ditemukan obat untuk menyembuhkan Covid-19. Namun, Sistem imun (kekebalan tubuh) yang baik dipercaya bisa melindungi seseorang dari risiko penularan virus corona.

Banyak cara untuk meningkatkan sistem imun, termasuk dari makanan. Disarankan agar mengonsumsi makanan-makanan yang bersifat protektif. Beberapa contoh makanan yang bersifat protektif adalah buah-buahan dan sayur-sayuran.

Seperti dilansir laman Daily Nation, Kamis (25/6/2020), sejumlah ahli gizi memberikan rekomendasi makanan-makanan bersifat protektif yang baik untuk dikonsumsi selama pandemi Covid-19. Berikut lima diantaranya.

1. Brokoli

Sayuran ini mengandung mineral, vitamin A, vitamin C, dan vitamin E. Brokoli juga diketahui kaya akan serat dan antioksidan. Vitamin E dapat membantu meningkatkan respons imun tubuh.

Agar kandungan gizi di dalamnya terjaga dengan baik, brokoli sebaiknya diolah dengan cara dikukus.

2. Bayam

Sayuran hijau ini memiliki kemampuan untuk meningkatkan sistem imun. Kandungan vitamin A, vitamin C, dan vitamin E yang tinggi dalam bayam dapat membantu melawan infeksi sekaligus melengkapi sel-sel darah untuk meningkatkan sistem imun.

Bayam juga mengandung flavonoid yang bermanfaat untuk mencegah pilek pada orang-orang sehat. Seperti brokoli, cara terbaik untuk mengolah bayam adalah dengan mengukusnya.

3. Pepaya

Pepaya kaya akan vitamin C dan juga mengandung enzim bernama papain. Enzim ini dapat membantu proses pencernaan. Selain itu, pepaya juga diketahui mengandung vitamin B, kalium dan folat yang mana semuanya baik untuk memelihara sistem imun tubuh.

4. Jeruk

Buah yang kaya akan vitamin C ini baik dikonsumsi ketika merasa tidak enak badan. Vitamin C juga dapat mengurangi durasi dan tingkat keparahan dari pilek.

Sebuah ulasan yang dilakukan National Center for Epidemiology and Population Health di Australian National University mengungkap bahwa vitamin C dapat membantu mencegah pilek di tengah lingkungan yang tidak mendukung seperti cuaca dingin.

5. Telur

Telur kaya akan nutrisi yang dapat meningkatkan sistem imun. Salah satunya adalah vitamin D yang memiliki peran penting dalam mengatur dan memperkuat imunitas.

Studi dalam jurnal JAMA mengungkapkan orang yang rutin mengonsumsi telur memiliki risiko yang lebih rendah untuk terkena pilek atau infeksi saluran pernapasan atas.(Hdi)

BERITA TERKAIT