test

Kesehatan

Senin, 20 Juli 2020 10:02 WIB

Jaga Imunitas, Dokter: Penuhi Gizi Seimbang dan Tetaplah Berolahraga

Editor: Hadi Ismanto

Jumlah pasien sembuh Covid-19 meningkat signifikan (Foto: Ilustrasi/PMJ News/Hdi)

PMJ - Meningkatkan sistem kekebalan tubuh atau imunitas tubuh merupakan cara terbaik untuk mencegah penularan virus corona. Banyak langkah yang bisa kamu tempuh dalam menjaga agar tubuh tetap fit selama pandemi.

Ketua Ikatan Dokter Indonesia Cabang Kabupaten Bekasi, dr Mulyana Syarip Panija menyarankan untuk membangun sistem imunitas menjaga gizi yang seimbang sangat penting. Ia juga mengimbau masyarakat untuk olahraga 15 menit setiap hari.

"Kami juga menyarankan untuk memperbanyak konsumsi olahan susu serta telur," ujar Mulyana dalam keterangannya, Senin (20/7/2020).

Ia menjelaskan bahwa Kombinasi kandungan susu, telur, dan olahraga harus menjadi gaya hidup masyarakat pada masa kini. Menurut dia, cara melawan pandemi bergantung pada kedisiplinan masyarakat dalam meningkatkan daya tahan tubuhnya.

"Ini menjadi cara mencegah proses penularan, terutama ketika belum ada vaksin yang ditemukan," tandasnya.

Selain tetap memperhatikan asupan seimbang untuk tubuh, olahraga menjadi cara penting lain untuk menjaga imunitas tubuh pada masa pandemi ini.

Pakar exercise biochemistry di Loughborough University dan penulis buku Eat, Move, Sleep, Repeat, Mike Gleeson menuturkan jogging, bersepeda, berlari jadi olahraga populer pada masa pandemi ini.

Berbagai penelitian membuktikan aktivitas olahraga ini mampu memacu produksi hormon endorphin dan juga mendongkrak imunitas tubuh.

"Namun, kebiasaan berolahraga yang dilakukan dengan salah, ternyata malah bisa membuat Anda berisiko terpapar Covid-19, flu, sakit perut hingga infeksi kulit," ujar Gleeson.(Hdi)

BERITA TERKAIT