test

News

Sabtu, 21 November 2020 11:04 WIB

Luar Biasa, Ini 7 Manfaat Makan Ikan Tuna

Editor: Hadi Ismanto

Ikan Tuna kaya akan protein dan asam lemak omega 3 sehingga baik untuk dikonsumsi. (Foto: PMJ News)

PMJ - Ikan Tuna kaya akan protein dan asam lemak omega 3. Selain itu, kandungan vitamin dan mineral di dalamnya terbilang sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga kesehatan.

Di balik daging ikan yang lembut, terdapat nutrisi gizi yang baik untuk tubuh. Seperti dirangkum dari berbagai sumber, Sabtu (21/11/2020), berikut manfaat makan ikan tuna.

1. Mencegah penyakit jantung

Kandungan asam lemak omega-3 yang tinggi dapat mengurangi kadar kolesterol jahat yang menumpuk di arteri jantung. Studi menunjukkan, asupan omega-3 yang tinggi dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit kardiovaskular, termasuk serangan jantung.

2. Melindungi mata

Omega-3 dalam ikan tuna juga bermanfaat untuk kesehatan mata. Dilaporkan Web MD, studi terhadap 40 ribu orang menunjukkan bahwa orang yang makan lebih banyak ikan tuna setiap minggunya memiliki risiko 68 persen lebih rendah terkena masalah mata.

3. Mencegah kanker

Manfaat lain dari asam lemak omega-3 pada ikan tuna adalah dapat mencegah kanker. Omega-3 dapat memperlambat pertumbuhan sel tumor. Sifat antiinflamasi pada omega-3 juga mengurangi peradangan di dalam tubuh yang banyak dikaitkan dengan kanker.

4. Menurunkan berat badan

Ikan tuna rendah kalori dan kaya akan protein yang dapat membantu menurunkan berat badan. Studi menunjukkan, remaja yang makan ikan tuna selama beberapa minggu kehilangan berat badan sekitar 1 kilogram.

5. Meningkatkan imunitas tubuh

Tuna kaya akan mangan, seng, selenium, dan vitamin C yang semuanya membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh. Semua nutrisi tersebut memiliki sifat antioksidan yang dapat melawan patogen termasuk virus dan radikal bebas.

6. Memperkuat tulang

Kandungan vitamin B dan protein yang tinggi juga bakal memperkuat tulang. Nutrisi ini juga mencegah cedera dan kerusakan pada tulang.

7. Meremajakan kulit

Vitamin B dalam ikan tuna juga membantu menjaga dan meremajakan kesehatan kulit. Sifat antiinflamasi membuat kulit awet muda dan lebih halus bercahaya.(Hdi)

BERITA TERKAIT