test

Entertainment

Sabtu, 20 Juni 2020 15:29 WIB

Masih Sepi, Ketahui Aturan Protokol Kesehatan di 3 Tempat Wisata Favorit Jakarta Ini

Editor: Ferro Maulana

Kebon Binatang Ragunan. (Foto: PMJ/ Dok Net)

PMJ - Tiga tempat wisata di wilayah DKI Jakarta seperti, Kebon Binatang Ragunan, Taman Mini Indonesia Indah (TMII) dan Taman Impian Jaya Ancol (Dufan) mulai membuka kawasan wisatanya untuk umum. Walaupun sudah dibuka, namun di hari pertama pembukaan terbilang cukup sepi.

Yang pertama, Taman Margasatwa Ragunan kembali dibuka di masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi, hari ini Sabtu (20/06/2020). Tercatat, pengujung Ragunan di hari pertama ini hanya sekitar 236 orang saja.

"Pengunjung 236 orang. Pendaftaran secara online ini sudah ada hampir 500 orang hari ini," terang Kepala Satuan Pelaksana Promosi Taman Margasatwa Ragunan I Ketut Widarsana, kepada wartawan yang datang, di Jakarta, Sabtu (20/06/2020).

Namun Widarsana menegaskan, pengunjung yang hadir harus dipastikan mengikuti sejumlah protokol kesehatan, dalam pencegahan penyebaran virus Covid-19 seperti memakai masker dan membawa hand sanitizer.

Protokol kesehatan juga diterapkan oleh semua petugas keamanan di Taman Margasatwa Ragunan. Para petugas wajib pakai sarung tangan hingga pelindung wajah (alias face shield).

Kemudian, pihak Ragunan masih membatasi estimasi pengunjung hanya mencapai 1000 orang. Itu pun juga dengan melakukan pendaftaran secara online atau daring.

Pembatasan usia pengunjung juga diberlakukan. Pengunjung yang membawa anak berusia 0 sampai sembilan tahun tak diperkenankan masuk. Dan juga yang lanjut usia di atas 60 tahun maupun ibu hamil juga belum dapat menikmati taman wisata ini.

1000 Pengunjung di TMII

Taman Mini Indonesia Indah. (Foto: PMJ/ Dok Net)

Terpisah, jumlah pengunjung di TMII Jakarta Timur, pada hari pertama beroperasi kembali, sudah mencapai 1000 orang.

"Kira-kira sampai dengan hari ini ada sekitar 1000 pengunjung," tutur Direktur Operasional TMII Maulana kepada pewarta.

Jumlah pengunjung Taman Mini di era New Normal akan dibatasi hingga 50 persen.

Dalam keadaan normal, biasanya TMII diserbu antara 40-50 ribu pengunjung. Di masa New Normal, pengunjung dibatasi jumlahnya hingga 20-25 ribu orang.

Pakai KTP Masuki Wahana Ancol

Taman Impian Jaya Ancol. (Foto: PMJ/ Dok Net).

Sementara itu, di Ancol juga telah resmi dibuka kembali. Setelah sebelumnya lebih dari dua bulan ditutup akibat pandemi Covid-19.

Pihak pengelola pun telah menerapkan sejumlah aturan baru dan protokol kesehatan.

Di area pintu barat Ancol, sejumlah petugas keamanan tampak berjaga ketat memeriksa identitas pengunjung, sampai melakukan pengecekan suhu tubuh mereka.

Hal ini dilakukan sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan pengelola bahwa hanya pengunjung beridentitas (KTP) DKI Jakarta saja yang boleh memasuki area wisata.

Tak hanya itu, seorang pengunjung asal Jakarta Selatan juga sempat ditolak masuk karena belum melakukan reservasi online. Mengingat kuota tiket masih tersisa, pengunjung tersebut diperkenankan melakukan pendaftaran online.

Secara keseluruhan, area Taman Impian Jaya Ancol memang masih terpantau sepi, walaupun sejak 8 Juni lalu wacana pembukaan kembali objek wisata ini telah gencar dilakukan oleh Pemprov DKI Jakarta. (DBS/ FER).

BERITA TERKAIT