test

News

Senin, 30 September 2019 09:31 WIB

Luncurkan Kereta Istimewa, Menhub Apresiasi Inovasi PT KAI

Editor: Redaksi

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. (Foto: instagram @budikaryas)

PMJ - PT KAI resmi meluncurkan Kereta Istimewa yang berlabel premium dan bisa disewa dengan tarif Rp 19 juta. Peresmian Kereta Istimewa dilakukan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi pada Sabtu (28/9/2019) kemarin.

Budi mengaku bangga dengan peresmian Kereta Istimewa yang memanjakan penumpang yang ingin melakukan perjalanan dengan sensasi istimewa. KA Istimewa merupakan Kereta Rel Diesel (KRD) yang terdiri dari dua rangkaian.

Di masing-masing gerbong tersedia banyak fasilitas sehingga memungkinkan penumpang memanfaatkannya untuk rapat kerja, kumpul keluarga atau bahkan reuni. "Ini suatu inovasi yang baik dari PT KAI. Kereta ini dulunya secara operasional tidak digunakan. Namun bisa diubah menjadi kereta premium, yang keberangkatannya bisa diatur sesuai kebutuhan penumpang," kata Budi Karya melalui keterangan resmi, Minggu (29/9/2019).

KA Istimewa ini sebelumnya merupakan KA Kedung Sepur yang kemudian dialihfungsikan menjadi kereta inspeksi ke-2. PT KAI merombak interior KRD tersebut menjadi KA Istimewa di Balai Yasa Yogyakarta dan dialihfungsikan sebagai kereta premium.

Budi Karya berharap PT KAI semakin mandiri dan dapat terus melakukan terobosan inovasi baru dalam menciptakan peluang-peluang pembiayaaan bagi keberlangsungan usahanya. "Inovasi dan terobosan seperti yang dilakukan ini, akan sangat membantu pemerintah dalam pengalokasian anggaran (APBN) untuk pembangunan di daerah lainnya yang lebih membutuhkan," bebernya. (BHR)

BERITA TERKAIT