test

Olahraga

Jumat, 1 Mei 2020 07:01 WIB

Bila PSSI Mau Gelar Liga 1 dan 2 Harus Penuhi Syarat Ini

Editor: Ferro Maulana

Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia atau PSSI. (Foto: Ilustrasi/ PMJ News/ FIF).

PMJ - Kompetisi sepakbola di Tanah Air tengah ditangguhkan. Namun, bila mau digelar lagi, pihak Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) dan pihak terkait harus berpikir secara matang.

PSSI telah menghentikan semua kegiatan sepakbola di Indonesia dengan status bencana nasional (force majeure). Penghentian terjadi sampai dengan 29 Mei 2020 merujuk status darurat pandemi virus corona yang ditetapkan pemerintah. Kompetisi rencananya bisa bergulir lagi pada awal Juli. Dengan syarat, jika pemerintah tidak memperpanjang status daruratnya itu.

Sekarang, PT Liga Indonesia Baru sudah bersurat ke klub-klub peserta Liga 1 dan Liga 2 2020 sebagai upaya meneruskan surat PSSI. PT LIB ingin mendengarkan masukan dan saran klub hingga 1 Mei terkait kelangsungan kompetisi.

Presiden Persiba, Gede Widiade mengungkapkan tidak mempermasalahkan bahwa kompetisi bergulir lagi dan juga tanpa penonton. Tetapi, ia memiliki banyak catatan yang harus dipertimbangkan dengan baik oleh para pelaku sepakbola lainnya.

“Tidak masalah, tapi begini, yang penting dasar hukumnya jelas dan harus melihat kondisi masing-masing klub. Sekarang kita harus punya satu visi dengan ketentuan negara,” tutur Gede.

“Contoh, apakah sekarang Persipura bisa naik pesawat ke Aceh untuk melawan Persiraja? Infrastruktur saat ini, kan, sedang tidak aktif. Kita harus melihat kondisinya dan ketentuan di Indonesia,” jelasnya lagi.

“Kita mau mudik saja sekarang tidak boleh. Persija kalau mau pergi ke mana saja ya susah, Jakarta zona merah semua saat ini. Jadi banyak faktor yang harus dipikirkan matang-matang, kalau tidak, bisa gawat,” tandasnya. (FER).

BERITA TERKAIT