test

News

Selasa, 14 Januari 2020 16:42 WIB

Bikin Heboh, TNI dan Polri Investigasi Motif Kelompok Keraton Agung Sejagat

Editor: Ferro Maulana

Kelompok Keraton Agung Sejagat. (Foto: Dok Net)

PMJ – Beberapa hari terakhir ini masyarakat dihebohkan dengan kemunculan Kerajaan Keraton Agung Sejagat (KAS) di Purworejo, Jawa Tengah. Video viral soal aktivitas KAS yang beredar di media sosial menimbulkan pro dan kontra di kalangan warga

Tim dari Direktur Intelejen dan Keamanan (Dirintelkam) siap melakukan pengumpulan data sekaligus klarifikasi lapangan terkait dengan pro dan kontra Kerajaan Agung Sejagat. Tujuannya agar mengetahui lebih dalam motif dari kelompok tersebut.

Sementara itu, Kepala Staf Kodam (Kasdam) IV/Diponegoro,Brigjen TNI Teguh Muji Angkasa pun turut memerintahkan anggotanya untuk terjun langsung ke lokasi Desa Pogung Jurutengah, Kecamatan Bayan, Purworejo guna dilakukan penyelidikan mendalam.

“Makanya kita mau lihat seperti apa. Termasuk apa saja tujuan dari kelompok itu,” jelas Teguh saat menghadiri HUT Penerangan Kodam (Pendam) IV/Diponegoro di kompleks Makodam IV/Diponegoro, Watugong, Selasa (13/1/2020).

Namun, Teguh masih menunggu informasi lebih lanjut. terkait aktivitas yang dilakukan Keraton Agung Sejagat tersebut. Tujuannya, untuk mengetahui lebih lanjut tentunya dilakukan penyelidikan mendalam.
Untuk diketahui, Kerajaan Agung Sederajat tersebut didirikan oleh pasangan suami istri Totok Santosa Hadiningrat (alias Sinuhun) bersama istrinya, Dyah Gitarja (alias Kanjeng Ratu) yang mengklaim memiliki kekuasaan di seluruh dunia.

Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel memerintahkan jajaran Direktorat Intelijen dan Keamanan (Ditintelkam) serta Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Jawa Tengah menyelidiki fakta-fakta yang terjadi.

“Kami sudah melakukan tim guna memantau langsung dan bahkan, kemarin juga ikut mengawasi kegiatan yang dilaksanakan kelompok tersebut,” tutur Rycko di Semarang. (IZA/ FER).

BERITA TERKAIT