test

News

Jumat, 14 Februari 2020 19:58 WIB

Kabaharkam Polri Terima Kunjungan ICITAP untuk Indonesia

Editor: Ferro Maulana

Kepala Badan Pemelihara Keamanan (Baharkam) Polri, Komjen Pol Agus Andrianto (Foto: Dok Net)

PMJ - Kepala Badan Pemelihara Keamanan (Baharkam) Polri, Komjen Pol Agus Andrianto menerima kunjungan The International Criminal Investigative Training Assistance Program (ICITAP) untuk Indonesia, Jumat (14/2/2020).

Agus menyebut kunjungan ini dalam rangka memperkuat hubungan kerja sama dalam bidang keamanan dengan The International Criminal Investigative Training Assistance Program (ICITAP) untuk Indonesia khususmnya melengkapi perangkat integrasi data.

"(Kerjasama ini untuk) memperkuat hubungan kerja sama yang selama ini telah dibangun agar lebih intensif lagi," ungkap Agus, Jumat (14/2).

Menurut Agus, saat ini pihaknya tengah berfokus mendukung program pemerintah meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pemberdayaan masyarakat, termasuk masyarakat pesisir.

"Bila masyarakat sejahtera, maka kejahatan akan turun. Kekayaan negara bocor pasti lewat pesisir dan banyak kejahatan masuk juga lewat pesisir sehingga kami akan perkuat masyarakat pesisir," kata Agus Andrianto.

Untuk mendukung hal itu dan dalam rangka memonitor kegiatan operasional jajaran, Baharkam Polri telah membangun Command Center. Namun pusat kendali operasional ini masih kekurangan perangkat integrasi data.

Adapun pimpinan ICITAP untuk Indonesia berkunjung ke Mabes Polri diantaranya Direktur John Gollogly, Kepala Operasi John Ruffcorn serta Koordinator Proyek Mara Katoppo dan Arief Budiyasa.

ICITAP sendiri adalah lembaga di bawah Departemen Kehakiman AS yang menawarkan program bantuan pelatihan investigasi kriminal lewat kerja sama dengan berbagai negara yang kemudian berkembang menjadi lembaga yang membina stabilitas internasional dan peraturan hukum.(Hdi)

BERITA TERKAIT