test

News

Kamis, 27 Februari 2020 13:58 WIB

Sinergi, Pelatihan Reskrim Hingga Kamneg Se-Indonesia Bahas Sistem Laporan Gakkumdu

Editor: Ferro Maulana

Pelatihan Gakkumdu pemilihan 2020 di Aula Bareskrim Polri. (Foto: PMJ News).

PMJ – Wakil Kepala Badan Reserse Kriminal Polri Irjen Pol Antam Novambar, SH, MHum, mewakili Kepala Bareskrim Polri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo, mengumpulkan Direktur Reserse Kriminal Umum sampai dengan Kasubdit I/Kamneg Polda se-Indonesia.

Pertemuan tersebut bertujuan untuk melatih penanganan tindak pidana pemilihan dan laporan sentra penegakan hukum terpadu (Gakkumdu) pemilihan 2020.

Wakil Kepala Badan Reserse Kriminal Polri Irjen Polisi Antam Novambar, SH, M.Hum, dan Direktur Tipidum Bareskrim Polri Brigjend Pol Ferdy Sambo, SH, SIK, MH.

Untuk diketahui, Sentra Gakkumdu merupakan wadah bersama tiga unsur antara pengawas pemilu, kepolisian, dan kejaksaan untuk menangani tindak pidana pemilu. Sentra Gakkumdu yang akan mengolah laporan masyarakat yang mengandung Tindak Pidana Pemilu.

Pelatihan itu digelar selama satu hari di Aula Bareskrim Polri, lantai 9 Gedung Awalloedin Djamin, Jalan Trunojoyo 3, Kamis (27/2/2020). Kabareskrim ingin jajarannya memahami penanganan tindak pidana Pilkada dan tata cara penginputan laporan Sentra Gakkumdu Pilkada 2020.

Direktur Tipidum Bareskrim Polri Brigjend Pol Ferdy Sambo, SH, SIK, MH, memberikan piagam penghargaan kepada Narasumber Diskusi Panel. (Foto: PMJ News)

"Adanya kesamaan pola pikir, pola sikap dan pola tindak para peserta dalam mewujudkan sinergi dengan para pemangku kepentingan lainnya. Tujuannya, guna mengantisipasi perkembangan situasi Kamtibmas dalam rangka pengamanan Pemilihan Serentak tahun ini," ungkap Antam menyampaikan pesan Jenderal Listyo.

Antam pun berharap pelaksanaan Pilkada Serentak 2020 berjalan kondusif. "Terwujudnya situasi Kamdagri yang mantap dan kondusif menjelang, saat, dan pasca-pelaksanaan Pemilihan Serentak tahun 2020," tuturnya menambahkan.

Para peserta pelatihan penanganan tindak pidana pemilihan dan laporan sentra Gakkumdu. (Foto: PMJ News).

Pelatihan ini diikuti 209 orang yang terdiri dari Direktur Reskrimum dan Kasubdit I/Kamneg Polda se-Indonesia. Terdapat juga Operator Sentra Gakkumdu semua Polda selain Polda Metro dan Polda Aceh, jajaran Dit Tipidum dan Dit Tipidsiber Bareskrim, dan lainnya.

Selain dari kalangan internal Polri, paparan dalam pelatihan ini juga disampaikan dari KPU, Bawaslu, hingga ahli pidana.

Sore ini, rangkaian acara pelatihan penanganan tindak pidana pemilihan dan laporan sentra Gakkumdu direncanakan akan ditutup oleh Jenderal Listyo. (FER).

BERITA TERKAIT