test

News

Jumat, 3 April 2020 10:01 WIB

Catat, Ini Pembersih Rumah yang Bisa Usir Virus Corona

Editor: Hadi Ismanto

Bersih-bersih rumah dapat menghidari penularan virus corona (Foto: Ilustrasi/PMJ News/Hdi)

PMJ - Di tengah pandemi virus corona, disarankan kepada setiap orang untuk mencuci tangan dengan sabu sesering mungkin. Kebiasaan baik ini mengurangi penyebaran COVID-19. Namun, upaya membasmi virus ternyata juga perlu dilakukan.

Seperti dilansir dari Science Alert, Jumat (3/4/2020), associate professor di jurusan teknik lingkungan University College London, Lena Ciric menyampaikan rincian pembersih rumah yangg dapat membasmi COVID-19.

1. Sabun dan air

Dua media tersebut adalah pertahanan utama kita untuk menghilangkan virus dari permukaan. Sabun mampu mengganggu lemak dalam kulit virus dan mengangkat virus dari permukaan. Sifat dari sabun itu akan dimaksimalkan lebih baik ketika dibilas dengan air.

2. Pemutih

Pemutih memiliki bahan aktif berupa natrium hipoklorit yang sangat efektif untuk membunuh virus. Untuk menggunakannya, pastikan Anda membiarkan pemutih bekerja selama 10-15 menit dan membersihkan permukaan benda dengan kain bersih.

3. Surgical Spirit

Surgical spirit mengacu pada cairan yang biasa digunakan untuk membersihkan luka atau peralatan operasi. Surgical Spirit sebagian besar terdiri dari etanol dan alkohol. Etanol telah terbukti membunuh virus corona hanya dalam 30 detik.

Layaknya pemutih, alkohol juga dapat menghancurkan protein dan RNA dalam virus. Cara menggunakannya bisa dengan membasahi kain dengan sedikit surgical spirit dan gosokkan ke permukaan.

4. Tisu Permukaan

Bahan aktif dalam tisu permukaan adalah antiseptik, biasanya benzalkonium klorida. Tisu itu dapat bekerja dengan menghilangkan kuman secara fisik melalui tekanan yang Anda gunakan saat menggunakannya.

Dalam prosesnya, tisu tersebut juga dapat meninggalkan lapisan antiseptik di permukaan yang berfungsi membunuh kuman. Antiseptik juga dapat bekerja dengan mengganggu lemak dalam sel patogen.

5. Hand sanitizer Hand sanitizer mampu membunuh Covid-19 karena mengandung etanol, alkohol, dan surgical spirit. Tetapi perlu diperhatikan konsentrasi kandungan dalam hand sanitizer, hanya alkohol dengan kandungan lebih dari 70 persen yang dapat bekerja efektif.(Hdi)

BERITA TERKAIT