News

Minggu, 5 April 2020 13:00 WIB

Batasi Keluar Rumah, 5 Buah dan Sayur Ini Bisa Disimpan Selama Sebulan

Editor: Hadi Ismanto

Aktifitas belanja di pasar tradisional saat ini bisa dilakukan secara online (Foto: Ilustrasi/PMJ News)

PMJ -  Di tengah pandemi corona saat ini, masyarakat disarankan untuk beraktivitas dirumah. Jika harus keluar rumah, usahakan hanya dalam situasi mendesak, termasuk untuk berbelanja kebutuhan pangan.

Di saat seperti ini, kita harus pintar menyimpan stok makanan yang tahan lama, termasuk buah dan sayuran. Ada beberapa buah dan sayur yang bisa tahan setidaknya satu bulan, tapi juga bergantung pada cara penyimpanannya.

Seperti dilansir dari laman Prevention, Minggu (5/4/2020), berikut lima jenis buah dan sayuran yang bisa disimpan sampai sebulan atau bahkan lebih.

1. Apel

Apel dan pir bisa bertahan lebih lama daripada buah lainnya dan dapat disimpan hingga empat bulan jika menyimpan dengan benar. Pada umumnya apel akan baik-baik saja jika disimpan di suhu sekitar 0 derajat Celcius.

Namun untuk apel jenis Honeycrisp, sebaiknya simpan di suhu 2 derajat Celcius. Kalau ingin apel tahan selama berminggu-minggu, simpan di dalam kantong plastik, jauhkan dari sayuran karena gas etilen yang dihasilkan apel akan membuat sayuran cepat layu.

2. Kol

Kol termasuk sayuran yan bisa bertahan lama, bisa sampai dua bulan kalau terbungkus dengan plastik di lemari es. Namun sebagian besar salad hijau layu dalam beberapa hari karena kandungan airnya tinggi.

3. Wortel

Kunci agar wortel tahan lama adalah dengan mengeringkannya, karena sayuran ini memiliki kelembapan tinggi yang menyebabkannya cepat busuk.

Jika membeli wortel di dalam kantong plastik, masukkan tisu ke dalam kantong untuk menyerap kelembapan dan tukar jika sudah kusam. Hal ini bisa membuat wortel segar selama beberapa minggu hingga beberapa bulan mendatang.

4. Bawang Putih

Bawang putih bertahan paling lama disimpan pada suhu 15-18 derajat celcius dengan kelembapan sedang. Bawang putih juga akan baik-baik saja kalau disimpan di lemari dapur yang gelap. Bisa juga disimpan di lemari es sampai kita siap menggunakannya.

5. Kentang Suhu penyimpanan ideal untuk kentang adalah 4 derajat celcius. Kentang kurang menyukai cahaya karena bisa menyebabkan kentang berwarna hijau. Jauhkan kentang dari bawang dan apel, karena keduanya akan mengeluarkan gas yang mempercepat proses pembusukan.

BERITA TERKAIT