test

News

Kamis, 16 April 2020 12:45 WIB

Sore Ini Pendaftaran Program Kartu Prakerja Tahap Pertama Ditutup

Editor: Fitriawan Ginting

Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 7 dibuka siang ini (Foto: Ilustrasi/PMJ News)

PMJ- Pendaftaran Program Kartu Prakerja yang diselenggarakan oleh pemerintah telah berlangsung pada Sabtu, 11 April 2020 lalu. Melalui situs resmi www.prakerja.go.id pendaftaran Kartu Prakerja bisa dilakukan oleh para karyawan yang terkena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) selama masa pandemi virus corona.

Dan dari informasi yang ada, pendaftaran kartu prakerja ini akan berakhir hari ini Kamis (16/4/2020) ini pukul 16.00 WIB. Penutupan jadwal pendaftaran kartu prakerja mengacu pada pernyataan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, saat meresmikan pembukaan pendaftaran gelombang I Program Kartu Prakerja secara online, Sabtu (11/4/2020) lalu.

"Untuk tahap gelombang pertama ini setidaknya akan direkrut sebanyak 164 ribu peserta gelombang pertama pendaftaran, dibuka dari sekarang sampai dengan hari Kamis 16 April 2020 pukul 16.00 WIB," jelas Airlangga Hartarto.

Selanjutnya, proses pendaftaran program Kartu Prakerja akan diteruskan ke gelombang yang akan datang atau kedua. Program Kartu Prakerja ini dapat diakses masyarakat secara online melalui situs resmi www.prakerja.go.id. Proses pendaftaran akan terbuka selama 24 jam 7 hari selama satu pekan.

Kartu Prakerja sebagai salah satu langkah implementasi Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 4 Tahun 2020 tentang Refocusing Kegiatan, Realokasi Anggaran, serta Pengadaan Barang dan Jasa untuk Percepatan Penanganan Coronavirus Disease 2019 (Covid-19).

Anggaran yang telah disiapkan untuk pelaksanaan Program Kartu Prakerja yakni sebesar Rp 20 triliun. Diharapkan program tersebut juga dapat membantu daya beli pekerja, serta pelaku usaha mikro dan kecil yang mengalami penurunan pendapatan dan kehilangan pekerjaan. (Gtg-03).

BERITA TERKAIT