test

News

Minggu, 3 Mei 2020 18:19 WIB

Polwan Jabat Kapolres, Polri: Hak Mereka Sama dengan Polisi Pria

Editor: Hadi Ismanto

Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Argo Yuwono saat berikan keterangan. (Foto : PMJ News/Fjr)

PMJ - Kapolri Jenderal Idham Azis memberi kepercayaan kepada 18 polisi wanita (polwan) untuk menduduki jabatan strategis di Korps Bhayangkara. Keputusan tersebut tertuang dalam Surat Telegram yang dikeluarkan pada 1 Mei 2020.

"Polwan mendapatkan kesempatan dan hak yang sama dengan polisi laki-laki untuk menjabat posisi strategis di Polri. Tiga diantaranya menjabat Kapolres," ujar Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Pol Argo Yuwono saat dikonfirmasi, Minggu (3/5/2020).

Tiga polwan tersebut diantaranya AKBP Melda Yanny (Kapolres Banjar, Polda Jawa Barat), AKBP Sumarni (Kapolres Sukabumi Kota, Polda Jawa Barat) dan AKBP Rita Wulandari (Kapolres Tegal Polda Jawa Tengah).

Menurut Argo, sebelumnya kapolri pada awal Maret lalu pernah menyampaikan bakal memberikan kepercayaan kepada para polwan berprestasi untuk ditempatkan pada jabatan strategis di Polri. Saat itu, pucuk pimpinan polisi ini menyebut dalam waktu tiga bulan.

"Nanti akan ada dirlantas dari polwan, dirpam Obvit dari polwan, kepala Polres (akan) kami tambah. Kalau nanti ada polwan yang bagus yang memang bisa jadi kasatwil, kenapa tidak?" tutur Argo menirukan pernyataan Kapolri.

Langkah ini, menurut Argo, sebagai wujud kebijakan mendukung kiprah Polwan agar mendapat kesempatan menunjukkan prestasinya dalam posisi dan jabatan strategis di Polri.

"Kebijakan Kapolri ini juga membuktikan bahwa Polwan memiliki kesempatan yang sama untuk menduduki posisi strategis karena mempunyai potensi dan kemampuan yang baik dan kompetitif," jelasnya.(Hdi)

BERITA TERKAIT