test

Politik

Senin, 4 November 2019 09:31 WIB

Luhut Akan Menghadiri Pembukaan China International Import Expo

Editor: Redaksi

Ilustrasi Menko Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan. (foto: PMJ/FIF)

PMJ – Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan akan menghadiri pembukaan China International Import Expo (CIIE) 2019 di Shanghai, China, pada Selasa (5/11/2019). Indonesia akan menempati booth seluas total 318 meter persegi.

Dirjen Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan, Dody Edward mengatakan bahwa total peserta yang berpartisipasi sebanyak 172 negara. Ini kali kedua Indonesia berpartisipasi setelah tahun lalu sempat menjadi country partner pada expo tersebut.

Pelaksanaan CIIE merupakan pasar terbuka dimana Indonesia masuk dalam 16 besar negara pemasok ke China. Ada sebanyak 17 perusahaan Indonesiayang akan berpartisipasi dalam pameran tersebut dan Keterlibatan Luhut di pembukaan pameran disebut lantaran mandatnya sebagai special envoy atau duta khusus.

"Produk yang ditampilkan di antaranya sarang burung walet, kelapa sawit, makanan dan minuman, kopi, bijih plastik, produk pertanian, sektor energi, dan kita ingin adanya investasi di situ," kata Dody di kantor Kementerian Perdagangan, Jakarta, belum lama ini.

Presiden China Xi Jinping dijadwalkan hadir untuk membuka CIIE. "Bapak Presiden juga diundang untuk hadir. Pak Menko (Luhut) special envoy, tugas khusus. Ini undangannya diminta kehadiran kepada Bapak Presiden, kemudian Pak Presiden menunjuk Pak Menko Maritim karena kapasitas beliau sebagai special envoy untuk China," ujar Dody. (BHR)

BERITA TERKAIT