test

News

Kamis, 11 Juni 2020 14:34 WIB

Asyik, 5 Destinasi Wisata Jakarta Ini Bisa Dikunjungi Mulai 20 Juni

Editor: Hadi Ismanto

Taman Impian Jaya Ancol akan terapkan alat pendetektsi suhu tubuh (Foto: Dok Net)

PMJ - Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) DKI Jakarta telah memberikan izinkan sejumlah tempat wisata di ibu kota dibuka secara bertahap selama masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi.

Kepastian itu tertuang dalam surat keputusan Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Nomor 131 Tahun 2020. Namun semua tempat wisata yang dibuka wajib membatasi pengunjung yang datang, tak boleh lebih dari 50 persen.

Dalam surat keputusannya itu disebutkan pada 8 Juni 2020 tempat wisata jenis museum dan galeri sudah bisa beroperasi. Kemudian tempat wisata pantai termasuk wisata Kepulauan Seribu (Jakarta Utara) juga sudah bisa beroperasi pada 13 Juni.

Lalu pada 20 Juni taman wisata indoor dan outdoor, termasuk taman margasatwa sudah bisa bisa dibuka kembali, kecuali waterpark. Berikut sejumlah daftar destinasi wisata di wilayah Jakarta yang kembali bisa dikunjungi.

1. Taman Impian Jaya Ancol

Manajemen Taman Impian Jaya Ancol tengah melakukan berbagai persiapan protokol khusus yang akan menjadi standar baru dalam pelayanannya menyusul pembukaan kembali sesuai peraturan.

Sejumlah proyokol itu meliputi menerapkan ticketing daring, pembayaran nontunai, pembatasan jumlah pengunjung, dan protokol kesehatan seperti menggunakan masker, pengecekan suhu tubuh, dan jaga jarak.

2. Taman Mini Indonesia Indah (TMII)

Taman Mini Indonesia Indah akan kembali buka dengan membatasi jumlah wisatawan hingga sepertiga dari kapasitas. Selama PSBB Transisi, TMII menutup sementara wahana dalam ruangan tertutup seperti bioskop Keong Mas dan wahana air.

Sementara wahana di luar ruangan seperti kereta gantung, Anjungan Nusantara, dan Taman Burung akan dibuka. Jam operasional TMII juga mengalami perubahan menjadi pukul 8.00-20.00 WIB untuk pintu masuk dan pukul 8.00-16.00 WIB untuk wahana.

3. Kawasan Kota Tua Jakarta

Museum-museum di Kota Tua, Jakarta Barat, sudah mulai buka di pekan kedua masa transisi PSBB. Museum-museum di dalamnya bisa dikunjungi dengan pembatasan kapasitas pengunjung, penggunaan masker, pengecekan suhu tubuh, dan menjaga jarak.

4. Monas

Monas akan kembali dibuka pada minggu ketiga antara 15-21 Juni 2020. Monas akan menerapkan protokol kesehatan seperti pembatasan kapasitas pengunjung, penggunaan masker, pengecekan suhu tubuh, dan jaga jarak.

5. Taman Margasatwa Ragunan

Taman Margasatwa Ragunan juga akan segera beroperasi kembali sesuai aturan yang berlaku. Taman Margasatwa Ragunan akan membatasi pengunjung di hari biasa sebanyak 5.000 orang dan akhir pekan 10.000 orang.(Hdi)

BERITA TERKAIT