test

News

Selasa, 16 Juni 2020 20:31 WIB

New Normal, Penumpang Pesawat ini Hanya Boleh Bawa Satu Tas ke Pesawat

Editor: Hadi Ismanto

Transportasi pesawat udara (Foto: PMJ News/Ilustrasi)

PMJ - Selama masa pandemi Covid-19, Air Asia Indonesia akan menyiapkan sejumlah protokol keselamatan dan kesehatan baru. Nantinya, setiap penumpang maupun karyawan harus mematuhi aturan tersebut

Direktur Keselamatan Penerbangan Air Asia Indonesia, Achmad Sadikin menyebut dalam protokol baru yang disiapkan salah satunya mengatur mengenai barang bawaan penumpang. Hal ini untuk meminimalisir sentuhan dengan penumpang lainnya

Menurut dia, penumpang hanya diperbolehkan membawa satu tas kecil ke dalam pesawat berupa tas laptop atau tas jinjing dengan ukuran tinggi 40 cm dengan berat tidak lebih dari tujuh kilogram.

"Barang bawaan yang di luar ketentuan tersebut akan dibagasikan. Air Asia menyediakan jatah bagasi gratis sebesar 15 kilogram untuk penerbangan domestik," ungkap Sadikin dalam keterangannya, Selasa (16/6/2020).

Selain itu, semua penumpang wajib menjalankan pemeriksaan suhu tubuh, memperhatikan marka jaga jarak aman dan menggunakan masker sebelum, selama, dan sesudah penerbangan. Penumpang juga disarankan membawa masker cadangan.

Maskapai, kata dia, juga akan membatasi penjualan makanan dan cinderamata saat penerbangan. Penumpang dapat memesan makanan dan minuman melalui fitur 'Pembelian Saya' di situs airasia.com atau aplikasi Air Asia setidaknya 24 jam sebelumnya.

"Kami akan menjalankan manajemen pergerakan tamu selama proses naik dan turun pesawat untuk kenyamanan semua tamu," ujarnya.(Hdi)

BERITA TERKAIT