test

Politik

Senin, 9 Maret 2020 16:04 WIB

Wapres Imbau Pendakwah Ajak Masyarakat Terapkan Pola Hidup Sehat

Editor: Ferro Maulana

Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin. (Foto: Dok Net)

PMJ - Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin meminta agar para pendakwah untuk meredakan kepanikan serta mengajak masyarakat untuk menerapkan kebiasaan hidup sehat agar terhindar dari penyebaran wabah virus corona (Covid-19).

"Negara ini sekarang menghadapi tantangan. Salah satunya yaitu virus Corona. Barangkali dai-dai supaya bisa menenangkan masyarakat supaya tidak panik," ungkap KH Ma'ruf, ketika membuka Rakornas Ikatan Dai Indonesia (Ikadi), di Istana Wapres, Jakarta, Senin (09/03/2020).

Menurut Wapres, pemerintah telah melakukan berbagai langkah antisipatif dan penanganan terhadap penyebaran virus yang merebak sejak akhir 2019 dari Kota Wuhan, Tiongkok.

"Pemerintah sudah berjuang dengan mencegah masuknya orang-orang yang diduga. Misalnya, dicurigai membawa pengaruh Corona; tapi juga pemerintah menyiapkan penanganan kalau misalnya ada yang terpapar," tutur Wapres Ma'ruf.

Melalui penyiaran ajaran agama Islam, Wapres Ma'ruf berharap para dai menyampaikan berbagai imbauan dari pemerintah kepada masyarakat untuk pencegahan penyebaran Covid-19.

"Masyarakat harus diberitahu untuk menghindari kontak-kontak. Juga kalau di Masjid dikhawatirkan ketika sujud, jadi disuruh bawa sajadah sendiri supaya tidak terkena bekas orang lain. Ya, kita ber-ikhtiar saja lah, hati-hati," pesan Wapres memberikan imbauan.

Sekedar informasi, sampai Minggu (08/03/2020), pemerintah menyatakan ada empat warga negara Indonesia (WNI) positif terkena Covid-19. Dan, tengah menjalani perawatan isolasi di Rumah Sakit Penyakit Infeksi (RSPI) Sulianti Saroso.

Juru Bicara Pemerintah untuk penanganan Covid-19, Achmad Yurianto mengatakan Kasus 1 dan Kasus 2 semakin membaik dan terus dipantau kondisi kesehatannya melalui tes laboratorium. Sedangkan, Kasus 3 dan Kasus 4 sudah tidak demam, namun masih menderita batuk dan influenza.

"Mudah-mudahan dengan perawatan bagus, tidak terlalu lama lagi juga akan menjadi sembuh dan bisa kita pulangkan," tandasnya. (ANT/ FER).

BERITA TERKAIT