test

Politik

Selasa, 12 November 2019 16:13 WIB

Tjahjo Kumolo Berjanji Selesaikan Konsep Pemangkasan Eselon Dalam 6 Bulan

Editor: Lely

Menteri Dalam Negeri (Medagri) Tjahjo Kumolo di KPU. (foto: PMJ)

PMJ – Terkait instruksi Presiden Joko Widodo (Jokowi) memangkas eselon, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Tjahjo Kumolo berjanji akan segera menyelesaikan konsep pemangkasan jumlah eselon IV PNS di seluruh kementerian/lembaga.

Proses tersebut ditargetkan akan selesai enam bulan ke depan. "Tim kami sudah menyusun sudah dipaparkan ke seluruh sekjen (sekretaris jenderal) dan sekretaris lembaga termasuk TNI-Polri sudah," ungkap Tjahjo di Kantor Wapres, Selasa (12/11/2019).

Tjahjo menuturkan bahwa nantinya akan dilihat lebih jauh karena jumlah satuan kerja atau satker berjumlah ribuan, dari PU sampai camat dan lurah. "Arahan bapak Presiden hati-hati. Bertahap, tapi cepat karena menyangkut layanan publik, mempercepat investasi," ujarnya.

"Kami ingin paling lama enam bulan konsep itu cepat, ada konsep matang tinggal memasukkan saja. Termasuk penerimaan CPNS ini tidak ada tenaga administrasinya. Semua sudah menjurus ke sana, ke bidang IT-nya," sambungnya.

Pemangkasan jabatan akan berlaku juga di tingkat daerah karena seluruh daerah juga punya 'pekerjaan rumah' yakni mempercepat izin investasi. "Dengan izin investasi yang cepat, pertumbuhan ekonomi daerah juga akan maju. Jadi reformasi birokrasi jujur, sekarang ini baru kulitnya saja padahal untuk membuat reformasi birokrasi itu harus operasi jantung," pungkas Tjahjo. (BHR)

BERITA TERKAIT