test

News

Jumat, 10 Juli 2020 10:13 WIB

Riset, Masker Kain Bisa Kurangi Penyebaran Virus Corona

Editor: Hadi Ismanto

Disiplin Protokol kesehatan dengan baik bisa mencegah COVID-19. (Foto: PMJ/Ilustrasi Fif).

PMJ - Sebuah studi terbaru yang dilakukan Leverhulme Centre for Demographic Science Universitas Oxford mengemukakan masker kain efektif dalam mengurangi penyebaran Covid-19.

Dalam penelitian dikemukakan penutup wajah kain, bahkan buatan sendiri yang dibuat dengan bahan yang benar, efektif mengurangi penyebaran Covid-19 untuk pemakainya dan melindungi orang di sekitarnya.

"Ada bukti jelas bahwa orang harus memakai masker untuk mengurangi penularan virus dan melindungi diri mereka sendiri," jelas Direktur Leverhulme Centre, Profesor Melinda Mills seperti dilansir dari Itv, Jumat (10/7/2020).

"Sebagian besar negara merekomendasikan masyarakat untuk memakainya. Namun rekomendasi kebijakan yang jelas bahwa masyarakat harus memakainya secara luas," sambungnya.

Selain itu, penelitian ini juga menemukan bahwa beberapa penutup tidak seefektif yang lain. Kain tenunan yang longgar seperti syal misalnya, telah terbukti paling tidak efektif.

Profesor Melinda Mills juga menyampaikan bahwa masker yang terbuat dari bahan berkualitas tinggi seperti kapas bermutu tinggi, beberapa lapisan dan khususnya yang menggabungkan kapas dan sutra atau kain flanel memberikan lebih dari 95 persen penyaringan.

Pada akhir April, pemakaian masker tercatat mencapai 84 persen di Italia, 66 persen di Amerika Serikat (AS) dan 64 persen di Spanyol. Namun angka pemakaian masker di Inggris memiliki serapan yang sangat rendah sekitar 25 persen.(Hdi)

BERITA TERKAIT