test

News

Senin, 27 Juli 2020 16:23 WIB

Arab Saudi Terapkan Protokol Ketat di Masjidil Haram Selama Musim Haji

Editor: Hadi Ismanto

Pelaksanaan ibadah umrah. (Foto: PMJ News/Dok Net)

PMJ - Otoritas Arab Saudi mulai melakukan persiapan jelang pelaksanaan ibadah haji 2020. Khusus tahun ini, fokus pemerintah adalah langkah-langkah kesehatan untuk mengantisipasi ancaman Covid-19.

Pemerintah Arab Saudi bahkan akan menerapkan protokol ketat, terutama menjelang penyelenggaraan haji, di sekitaran komplek Masjidil Haram.

Seorang Keamanan Publik Saudi mengatakan, bahwa pihaknya telah menangkap beberapa orang yang melanggar larangan masuk ke komplek Masjidil Haram. Mereka yang ditangkap akan dikenai denda sekitar USD2.600 atau sekitar Rp35 juta.

"16 orang telah ditangkap dan didenda USD 2.666 masing-masing dalam seminggu terakhir karena melanggar larangan masuk ke situs suci," jelasnya seperti dilansir laman Arab News, Senin (27/7/2020).

Sebelumnya, rombongan pertama haji tahun ini dilaporkan telah tiba di Makkah. Akibat pandemi Covid-19, haji tahun ini terbatas pada sekitar 1.000 jamaah, semuanya dari dalam Arab Saudi, sekitar 700 di antaranya adalah ekspatriat.

Sementara seorang dokter asal Tunisia yang bekerja di Qassim, Haifa Yousef Hamdoon mengaku tidak berharap bahwa dia akan mendapatkan kesempatan untuk menjalankan haji tahun ini karena jumlah yang sangat terbatas.

"Ketika saya menerima konfirmasi permintaan saya, saya sangat senang dan tidak bisa mempercayainya," tutur Haifa.(Hdi)

BERITA TERKAIT