test

News

Kamis, 30 Juli 2020 18:35 WIB

PBNU Imbau Lansia dan Anak-Anak Shalat Idul Adha Dirumah

Editor: Hadi Ismanto

PBNU imbau anak-anak dan lansia untuk shalat Idul Adha dirumah (Foto: PMJ News/Dok Net)

PMJ - Kementerian Agama mengumumkan pemerintah telah memperbolehkan masyarakat menggelar shalat Idul Adha di masjid maupun lapangan terbuka.

Terkait hal ini, Ketua PBNU Bidang Hukum, HAM, dan Perundang-Undangan Robikin Emhas mengingatkan agar umat Islam menaati protokol kesehatan.

Menurut dia, PBNU mempersilahkan umat Islam untuk melaksanakan ibadah sholat Idul Adha untuk wilayah zona hijau dengan menerapkan protokol kesehatan.

"Bagi masyarakat di zona hijau, (ada baiknya untuk) wudhu dari rumah. Cuci tangan tangan dengan air mengalir kemudian wudhu," ungkap Robikin dalam konferensi pers yang ditayangan Youtube BNPB, Kamis (30/7/2020).

"Datang ke tempat sholat sudah gunakan masker. Jangan ada seorang pun yang tidak pakai masker. Bawa alas sholat sendiri bisa sajadah, sarung dilipat atau alas sholat," sambungnya.

Pada kesempatan yang sama, Robikin juga mengimbau agar anak-anak, lansia, hingga warga yang mempunyai penyakit bawaan untuk sholat Idul Adha dari rumah.

PBNU juga meminta masyarakat untuk tidak bergerombol dalam melaksanakan ibadah sholat Idul Adha. Selain itu, warga juga diminta tidak bersalaman dan menggantinya dengan saling berbungkuk badan atau meletakkan tangan di dada.

"PBNU memandang pandemi Covid-19 adakah satu keadaan yang harus kita respons dengan baik," tukasnya.(Hdi)

BERITA TERKAIT