News

Selasa, 4 Agustus 2020 09:29 WIB

Mutasi Polri, Delapan Polda Berganti Pimpinan

Editor: Hadi Ismanto

Gedung Mabes Polri (Foto: PMJ News/istimewa)

PMJ - Polri kembali melakukan mutasi dan promosi sejumlah pejabat tinggi (pati). Keputusan tersebut tertuang dalam Surat Telegram Nomor ST/2247/VII/KEP./2020 dan ST/2248/VII/KEP./2020

Pada dua Surat Telegram yang diterbitkan pada Senin, 3 Agustus 2020 ini tercatat setidaknya ada tercatat ada delapan Polda yang mengalami pergantian pimpinan. Kedua surat itu ditandatangani oleh Asisten SDM Kapolri Irjen Sutrisno Yudi Hermawan.

"(Mutasi dan promosi jabatan di tubuh Polri untuk) penyegaran organisasi," kata Kadiv Humas Polri, Irjen Pol Argo Yuwono saat dikonfirmasi, Selasa (4/8/2020).

Dalam Surat Telegram Nomor ST/2247/VII/KEP./2020, tertuang jabatan Kapolda Kalimantan Timur (Kaltim) yang sebelumnya dijabat oleh Irjen Muktiono digantikan oleh Asops Kapolri, Irjen Pol Herry Rudolf Nahak. Irjen Muktiono sendiri menempati posisi baru sebagai Kepala Divisi Teknologi Informasi dan Komunikasi Polri.

Gedung Mabes Polri (Foto: PMJ News/istimewa)

Kemudian, jabatan Kapolda Kalimantan Utara (Kaltara) akan ditinggalkan Irjen Indrajid. Ia dimutasi menjadi Analisis Kebijakan Utama Baharkam Polri. Jabatan Kapolda Kaltara akan diisi Irjen Bambang Kristiono yang sebelumnya menjabat sebagai Analis Kebijakan Utama Bidang Sabhara Baharkam Polri.

Irjen Pol Royke Lumowa yang menjabat sebagai Kapolda Sulawesi Utara (Sulut) akan dimutasi menjadi Analis Kebijakan Utama Lemdiklat Polri. Sedangkan penggantinya adalah Irjen Z Panca Putra yang sebelumnya menjabat sebagai Widyaiswara Kepolisian Utama Tk I Sespim Lemdiklat Polri.

Selanjutnya, jabatan Kapolda Sulawesi Tenggara (Sultra) akan ditinggalkan oleh Irjen Merdisyam yang akan menjabat sebagai Kapolda Sulawesi Selatan (Sulsel). Ia menggantikan Irjen Mas Guntur Laupe yang kini menjabat Widyaiswara Kepolisian Utama Tk I Sespim Lemdiklat Polri.

Adapun jabatan Kapolda Sultra nantinya akan dijabat oleh Brigjen Yan Sultra Indrajaya yang sebelumnya menjabat sebagai Wakapolda Sultra. Posisi Wakapolda Sultra akan diisi oleh Brigjen Waris Adono.

Kemudian, jabatan Kapolda Sulawesi Tengah (Sulteng) akan ditinggalkan oleh Irjen Syafril Nursal yang dimutasi menjadi Analis Kebijakan Utama Lemdiklat Polri. Posisinya akan diisi oleh Brigjen Abdul Rahman Baso yang sebelumnya menjabat Wadankorbrimob Polri.

Untuk jabatan Kapolda Nusa Tenggara Timur (NTT) akan ditinggalkan Irjen Hamidin yang kini menjabat sebagai Analis Kebijakan Utama Itwasum Polri. Penggantinya adalah Irjen Lotharia Latif yang sebelumnya menjabat sebagai Kakorpolairud Baharkam Polri.

Sementara itu, dalam Surat Telegram bernomor ST/2248/VII/KEP./2020, satu jabatan Kapolda yakni Kapolda Gorontalo mengalami pergantian. Irjen Adnas akan digantikan oleh Brigjen Akhmad Widyagus.(Hdi)

BERITA TERKAIT